Wednesday, November 2, 2011

5 Stadion Terbesar di Dunia

1. May Day Stadium, Pyongyang
Kapasitas 150.000 orang

Stadion Rungrado, atau Stadion Hari Buruh, adalah stadion multi-fungsi di Pyongyang, Korea Utara. Stadion ini dibangun pada tahun 1989, guna keperluan pertandingan sepak bola, atletik, tapi paling sering untuk Festival Arirang (juga dikenal sebagai Mass Games). Stadion ini memiliki 150.000 kursi, yang merupakan stadion non-balap mobil berkapasitas terbesar di dunia.

Nama stadion ini diambil dari nama Pulau Rungra yang terletak di Sungai Taedong, tempat stadion ini berasal, dan May Day merupakan perayaan hari buruh internasional, yang kerap dirayakan di kalangan komunis. Atapnya yang bergelombang memiliki 16 lengkungan yang diatur seperti sebuah cincin, yang menyerupai parasut atau kembang magnolia. Sementara stadion digunakan untuk kegiatan – kegiatan olahraga, stadion ini sangat dikenal sebagai tempat pertunjukkan dan penampilan besar dalam rangka memperingati Kim Il-sung dan negara Korea Utara. Penampilan tersebut kini menjadi acara tahunan di Pyongyang yang digelar antara bulan Agustus hingga September. Buku Rekor Guinness mencatat acara ini sebagai yang terbesar di dunia. Pada tahun 2004, sejumlah jenderal angkatan darat Korea Utara yang terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap Kim Jong-il dieksekusi di stadion ini, dengan cara dibakar hidup-hidup.



2. Salt Lake Stadium, Kolkata
Kapasitas 120.000 orang


Yuva Bharati Krirangan atau dikenal dengan Salt Lake Stadium adalah stadion terbesar kedua di dunia dan terbesar di India. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan atletik. Salt Lake Stadium dresmikan pada tahun 1984 dan berkapasitas penonton mencapai 120.000 orang dalam konfigurasi tiga-lapis. Terletak sekitar 10 km ke arah timur dari pusat kota Kolkata dan berbentuk elips. Atapnya terbuat dari pipa logam dan lembaran aluminium dan beton. Ada dua papan skor elektronik dan ruang kontrol. Pencahayaan merata untuk memfasilitasi olahraga malam hari. Stadion ini meliputi area seluas 76,40 hektar (309.200 m2).
3. Michigan Stadium, Michigan
Kapasitas 109.901 orang

Stadion Michigan, dijuluki “The Big House”, merupakan stadion sepak bola milik University of Michigan di Ann Arbor, Michigan. Stadion Michigan dibangun pada tahun 1927 dengan biaya $ 950.000 dan memiliki kapasitas asli 72.000. Stadion Michigan juga adalah stadion terbesar di Amerika Serikat dengan kapasitas resmi 109.901.
4. Beaver Stadium, Pennsylvania
Kapasitas 107.283 orang

Stadion Beaver adalah stadion sepak bola outdoor di kampus University Park, Pennsylvania, di kampus The Pennsylvania State University. Stadion ini dinamai berdasarkan James A. Beaver, mantan gubernur Pennsylvania (1887-1891) dan presiden dewan penyantun universitas. Stadion Beaver memiliki kapasitas tempat duduk resmi 107.282, sehingga menjadikan stadion ini kedua terbesar di belahan bumi Barat dan terbesar keempat di dunia.
5. Estadio Azteca, Mexico City
Kapasitas 105.000 orang

Stadion Azteca merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Mexico City, Meksiko. Stadion ini pernah dipakai untuk babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986. Stadion ini merupakan stadion sepak bola terbesar di Meksiko dan berkapasitas 105.000 kursi. Klub sepak bola yang bermain di stadion ini ialah América dan merupakan markas utama untuk tim nasional Meksiko.

Ditulis Oleh : News Online // 9:44 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment