Saturday, November 26, 2011

8 Fakta Menarik Derby Real Madrid vs Atletico Madrid

8 Fakta Menarik Derby Real Madrid vs Atletico Madrid

Laga Derby selalu melibatkan persaingan panas dari kedua tim, tak terkecuali Derby Madrid yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid.

Meski kini prestasi Atletico sudah timpang dibandingkan dengan rival sekotanya. Namun sejatinya mereka adalah penguasa La Liga di tahun 1940 hingga awal 1960-an. Dan setelah berulang saling berhadapan, ada banyak fakta unik berkaitan dengan laga derby nanti, termasuk 8 fakta di bawah ini:


1. Pertemuan pertama kedua klub terjadi di musim 1928/1929. Madrid mampu menang dua kali di musim ini. Menaklukkan Atletico dengan skor 2-1 di kandang dan 3-0 di lawa away.

2. Dari total 146 pertemuan di liga. Madrid jauh lebih banyak mendapatkan kemenangan. Tercatat sudah 80 Madrid menumbangkan Atletico dan mencetak 262 gol. Sementara, Atletico hanya berhasil menang 35 kali dan mencetak 197 gol.

3. Dilihat dari kultur pendukung kedua tim. Pertemuan kedua klub dapat diibaratkan sebagai pertemuan dua kelas sosial yang berbeda. Pendukung Madrid didominasi oleh orang yang bergelimang harta. Sebaliknya, pendukung Atletico lebih banyak berasal dari kelas pekerja.

4. Dilihat dari sejarah, Atletico pada awalnya lebih dekat dengan pemerintah Spanyol. Tetapi segala sesuatunya berubah ketika Jenderal Franco, penguasa Spanyol akhir 1930-an hingga awal 1970-an menjatuhkan pilihannya kepada Real Madrid. Sukses Los Blancos merengkuh trofi Liga Champions lima kali berturut-turut, membuat sang Jenderal lebih memilih Madrid, dengan mengatakan “Real Madrid adalah wakil terbaik yang dimiliki Spanyol.” Kontan saja hal ini dikecam oleh Atletico yang lantas memberi Madrid julukan “klubnya pemerintah (busuk) pembuat malu bangsa Spanyol.”

5. Sudah 11 musim Atletico gagal mendapat poin penuh di Santiago Bernabeu. Dalam total 71 laga yang digelar di markas Los Blancos ini, sudah 48 kemenangan diukir Real Madrid. Sementara Atletico mencatatkan 12 tandang ketika melawan Real Madrid. Terakhir kali, kemenangan Atletico terjadi pada musim 1999/2000.

6. Aderlado adalah pemain Atletico yang paling banyak bermain di laga derby dengan rekor tampil sebanyak 27 kali. Sementara di kubu Madrid, ada Paco Gento yang berlaga 29 kali menghadapi sang rival sekota. Sedangkan nama Carlos Santillana tampil sebagai pencetak gol terbanyak dengan 13 gol.

7. Ada beberapa pemain yang pernah bermain untuk kedua tim. Sebut jasa, Hugo Sanchez, Bernd Schuster, Juan Eduardo Esnaider, Pedro Jaro, Santiago Solari, dan Jose Antonio Reyes. Reyes membela Madrid sebagai pemain pinjaman dari Arsenal sebelum akhirnya kembali ke Spanyol untuk bermain bersama Atletico Madrid.

8. Legenda hidup Real Madrid, Raul Gonzales sejatinya adalah pemain Atletico. Raul sempat bermain untuk tim junior Atletico Madrid, namun akibat Presiden saat itu, Jesus Gil, yang menutup akademi muda Atletico. Akhirnya Raul hijrah ke Real Madrid, yang membuat ironis adalah gol pertama Raul untuk Madrid dicetaknya ke Atletico pada laga derby di awal November 1994.

Laga derby Madrid memang selalu menarik untuk disaksikan. Apakah Madrid mampu meneruskan dominasinya dari rival sekotanya Atletico? Kita lihat saja nanti malam Pukul 02.00WIB hanya di TVOne.

Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 3:54 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment