Saturday, November 26, 2011

History of ANFIELD ROAD

ya ya ya, siapa yang gak tau dengan nama Anfield? nama markas salah satu tim raksasa Inggris Liverpool, di bangun di tahun 1884 (wow lama bgt ya) stadium Anfield pun jadi markas utama Liverpool di tahun 1892 atau bisa di bilang tahun awal berdirinya Liverpool fc dan juga sepeninggalnya lapangan tersebut oleh Everton.
Sejarah panjang yang berbicara
pada awal 1884 Anfield selesai di bangun, tim sepakbola Everton menyewa lapangan tersebut dari pemiliknya John Orrell. Memiliki 4 sudut Spion Kop , Main Stand, Cetenary Stand, dan anfield road dengan total keseluruhan kapasitas 45.276 penonton. Pertandigan pertama yang di adakan di Anfield pun berlangsung antara Everton menjamu Earlstown yang di bantai telak 5-0 oleh Everton. Pada saat itu di Inggris hanya lapangan Anfield lah yang memiliki standard internasional untuk pertandingan sebuah negara, dan pertandingan International pertama di inggris antara Inggris melawan irlandia berlangsung di Anfield.
John Houlding
di tahun 1885 John Houlding membeli kepemilikan stadion tersebut dan mengubah biaya sewa ke Everton. ditahun 1889 papan yang bertuliskan Oakfield Road di samping stadion di lepas .  bersama Everton Anfield menjadi stadion di inggris yang sangat mengerikan, gemana enggak musim pertama Everton menempati stadion Anfield di musim itu pula Everton menjuarai liga inggris. Sepeninggal Everton ke lapangan baru mereka “Goddison Park” di tahun 1891 yang sebenarnya tidak jauh dari Anfield itu John Houlding pemilik stadion membuat sebuah club sendiri karna kekosongan Anfield kala itu rata – rata klub sudah punya lapangan stadion sendiri, maka era Liverpool pun di mulai.


New era
Era yang baru, di tahun 1892  klub baru di beri nama Liverpool Fc and Athletich Ground Ltd.( ini nama 1 klub loh ) terbentuk, dan pertandingan uji coba klub pun berlangsung (degan nama yg panjang ntu) pada tanggal 1 September 1892 melawan Rotterham Town dan hanya di tonton 200 orang yang saat itu suporter Rotterham Town ada sekitar 97% jadi bisa di bilang yang nonton klub pemilik lapangan ya paling cuma keluarga pemain ama keluarga pemilik klub kali y, he.. Tapi itu dia awalnya, pertandingan pertama tersebut yang mencuatkan klub Liverpool Fc and Athletich Ground Ltd. karna tak di sangka melibas dengan skor 7 – 1 (wah – wah).
Oke kita percepat sedikit, soalnya panjang bgt g mungkin kan 1892 – 2010 bisa di tulis di 1 posting, karna bisa ke sangkut2 ama Profil LIVERPOOL FC, nanti gue bikinin sejarah LFC sendiri ama yang gak di jelasin sekarang kapan berubah nama jadi Liverpool fc.
Next ...
Anfield pun bermain di kasta terbawah liga inggris kala itu (pas Everton udah di kasta 2 ato bisa di bilang Championship league nya inggris sekarang, dan kasta Leicester adalah kasta liga paling bawah bagian utara sekarang di sebut red and blue north league, gue tekanin liga2 ini masih eksis ampe sekarang yang di huni macem oxford fc,dll). dan Liverpool menjamu Lincoln city pada 9 September 1893 dan menang 4 – 0 di depan seluruh sporter baru mereka kala itu ada 5000 (cepet bgt yah banyaknya). Di karnakan suporter yang makin lama makin banyak di tahun 1895 tempat penonton pun di tambah sebanyak 3000 tempat duduk
kayak gambar di atas bentuk di tambahnya, nohope bgt..tapi stand tempat penonton yang ini lah yang menjadi ciri khas Anfield yaitu di balkon yang berwarna merah dan putih sama seperti ciri khas lapangan Newcastle St. James Park.
balkon di atas tempat penonton LFC
nah itu tuh balkon istimewa yang ampe sekarang di pertahanin di Anfield di sisi atas gambar yang ada tulisan LFC di balkonnya di pasang lambang LFC (kalo di newcastle nama stadiumnya). penonton yang bejibun memaksa pemilik John Houlding membangun lagi sisi Anfield yang menghadap di Anfield road ( itu jalanan yang terkenal karena the beatles)  pada waktu itu cuma di bangun dengan kayu dan seng, kalo bingung kaya apa liat aja kandang Fullham,he.. Setelah Liverpool menjuarai liga ke 2 mereka (maksudnya juara ke 2 kalinya + naik kasta) di tahun 1906 di buat lagi sisi penonton di sepanjang Jalan Breck Walton.

The Kop
kelahiran The Kop (nama lain dari liverpool dan Anfield) di tahun yang sama yaitu 1906, nama yang terpajang bertuliskan The Kop di stadion Liverpool ini bukan sembarang nama, nama ini di berikan atas penghormatan para tentara yang di tahun tersebut berperang di sebuah bukit di Afrika yang bernama “The Kop” lebih dari 300 tentara inggris tewas di sana,dan pasukan itu rata – rata berasal dari kota mereka “Liverpool”.
Anfield pun tak mendapat perubahan yang berarti (mungkin cuma ngecat ulang aja kali ya)  hingga di tahun 1928 (23 tahun kemudian)  Anfield di desain ulang dan di perpanjang agar dapat menampung 30.000 penonton dengan atap yang baru (bukan seng). Banyak stadion2 di inggris di namai spion kop karna hanya ada 1 Kop yang asli di inggris yaitu “Anfield”. pada saat itu Anfield lah yang paling kokoh dari stadion2 lain di Inggris. di tahun 1952 adalah puncak penonton kala itu 61,905 penonton ada di Anfield untuk menonton Liverpool melawan Wolves (Wolverhamton).  tanggal 30 Oktober 1957 Anfield di beri lampu Stadion standar international (sebelumnya lampu biasa aja) lampu tersebut di aktifkan pertama kali saat Liverpool melawan Everton /derby match, dalam mempringati ulangtahun ke 75th Asosiasi Sepak bola Liverpool. di tahun 1963 salah satu sisi penonton di Anfield di ubah dengan design yang baru yang lebih bagus dan dapat menampung 6.700 penonton dan menghabiskan dana £350,000 ( Euro loh bukan dolar ). 2 tahun
The Kop adalah sisi belakang Liverpool dimana di sana di jadiin Museum kebanggan klub Liverpool.
“You Never Walk Alone”
2 Tahun kemudian sisi bagian Andfield Road mengalami perombakan, di ubah menjadi seperti yang sekarang tegak dan tertutup keseluruhan (Gak ada sela2 bolong). Dan akhirnya di tahun 1973 perombakan Anfield besar2an pun terjadi lagi ketika sisi utama (tempat pertama penonton) yang telah tua itu di robohkan dan di bangun kembali dengan yang baru. di tahun 1980 stand utama tepatnya bagian terdekat dengan lapangan bisa di isi oleh para penonton dan di beri tempat duduk ( baca di atas sampai tahun 1979 belum ada kata penonton duduk , lalu di susul sisi bagian anfield road 2 tahun kemudian yaitu 1982. Gerbang Shankly (salah satu pendiri LFC dan juga manager LFC) didirikan juga di tahun 1982 tepatnya pada 26 agustus sebagai tanda penghormatan kepadanya yang di tahun 1982 wafat. Ada yang mencolok dari gerbang utama Liverpool ini “You Never Walk Alone” kalimat singkat penuh makna untuk seluruh fans The Kop di dunia, kata2 itu di adopsi dari sebuah lagu kegemaran Bill Shankly dari sebuah grup bernama Gary and the Peacemeaker. ( kayak maho ngumpul,he.. )
Monumen Hilsborough
Fans Liverpool, siapa yang gak  tau kejadian Hilsborough? Hilsborough adalah nama stadion Sheffield united (kalo gak salah sekarang ada di Champion League), kejadian tragis itu terjadi tanggal 15 April 1989, tragedi tragis yang menelan 766 orang terluka dan 96 orang tewas kala kejadian tersebut.
“gue gak akan ceritain disini ya nanti aja di postingan selanjutnya, amien”
Karna semua korbannya suporter Liverpool jadi dengan rasa hormat liverpool membuat monumen ini tepat di samping sebelah kiri gerbang kebanggan Liverpool.
Sheffield Utd. pun sebagai pemilik stadion memasang monumen tragis bersejarah tersebut di dekat gerbang stadion.Setiap tahunnya para keluarga atau suporter liverpool berkunjung ke stadion mereka untuk memberi karangan bungan dan meneteskan air mata walau itu sadah puluhan tahun lamanya. Dan perlu di ketahui kejadian ini selalu di peringati oleh Livepool dan Liga Primer Inggris, dimana pun Liverpool bertanding bila jatuh pada tanggal 15 April akan ada upacara khusus sebelum pertandingan di mulai.

monumen kenangan itu akan terus ada sampai kapan pun karna Liverpool tidak pernah ada tanpa suporternya..
Penghargaan untuk Bill Shankly
Bill Shankly statue
Fans Liverpool pasti tau siapa dia (paling gak udah pernah nyari tau) Bill Shankly adalah kebanggan kota Liverpool, pria yang sukses sebagai pemain dan juga manager. mungkin dia tidak bermain untuk Liverpool tapi dia lah arsitek pinggir lapangan Liverpool sejak Liverpool ada di divisi ke 2 sampai LFC di puncak kesuksesannya. Bersama LFC Bill Shankly mempersembahkan 2 FA Cup, dan 1 gelar pertama UEFA untuk Liverpool, walau dia pensiun pada saat kejayaannya ketika itu Liverpool menang FA cup lalu dia mengundurkan diri (hampir sama kayak kejadian Mourinho di Chelsea). Patung yang di taruh tepat di depan Museum The Kop didirikan pada tanggal 4 Desember 1947 dan di buat dari Perunggu (waw…..). Patung yang di design layaknya Bill sang manager memberi salam kemenangan di tiap pertandingan kepada fans Liverpool.
“itu sejarahnya dan perjalan panjang Anfield, sekarang kita liat kayak apa sih Anfield tuh? bagian2 penting di Anfield”
This is Anfield tulisan ini mempengaruhi siapa pun yang akan bertanding ke Anfield, dengan logo pertama Liverpool yang melekat di dinding, jadi kebanggaan tersendiri untuk Liverpool dan kengerian sendiri bagi lawannya , ( Paul Scholes pernah membahas tentang tulisan di tembok tersebut ).
Museum LFC, tepatnya ada di sisi belakang Anfield, dia atasnya tulisan The Kop melekat di sana, dan ada patung Bill Shankly di depan museum ini, kayak apa dalem nya ? hayo gue ajak jalan2
Nah yang ini jalan para pemain masuk ke lapangan, sebelah kanan ruang pemain sebelah kiri buat wawancara (biasa buat Man Of The Match).

Sekian dulu ngabahas tentang Anfield, cape bgt ngumpulin risensi 3 hari buat bikin 1 artikel ini.. mungkin kurang lengkap, mudah2an ada yang bisa nambahin?

Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 11:36 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment