Thursday, November 24, 2011

Manusia dengan Tangan Terbesar yang Pernah Ada di Dunia


Liu Hua (28 tahun) yang berasal dari Jiangsu China, pernah dinobatkan sebagai manusia dengan tangan terbesar di dunia saat ia berusia 24 tahun pada tahun 2007. Tangan kanannya berukuran normal tapi tangan kirinya sangat besar dengan berat 10 kg.

Sejak lahir Liu menderita macrodactyly, yaitu kondisi langka yang menyebabkan jari tangan atau kaki berukuran tidak normal atau lebih besar dari ukuran jari lainnya karena tulang dan jaringan lunak tumbuh secara berlebihan.

Liu memang sudah terlahir dengan 3 jari kiri berukuran lebih besar. Jari-jari yang lebih besar tersebut ternyata tumbuh secara dramatis menjadi sangat besar sehingga menimbulkan dampak serius pada pekerjaannya sehari-hari. Ia selalu berusaha menutup tangan kirinya setiap kali keluar rumah karena merasa malu.

Pada Juli 2007 Liu pernah dirawat di rumah sakit dengan ukuran jempol kirinya 26 cm, jari telunjuk 30 cm dan jari tengah 15 cm. Total berat tangan kirinya bahkan mencapai 10 kg. Ia akhirnya menjalani operasi radikal di Shanghai No. 9 People's Hospital.

"Ini adalah tangan terbesar di dunia. Jari-jari Liu berhenti tumbuh dalam beberapa tahun terakhir sehingga operasi plastik mungkin dapat memperbaiki malformasi jarinya," jelas Chen Zuliang, pejabat rumah sakit, seperti dilansir Shanghaiist, Rabu (23/11/2011).

Dokter bedah melakukan operasi selama 7 jam untuk mengurangi ukuran jari dan jempol Liu. Dokter membuang 5,1 kg daging dan tulang dalam operasi tersebut.

Setelah operasi tersebut, Liu masih harus kembali ke rumah sakit 6 bulan kemudian untuk operasi membentuk kembali lengan kiri dan bahunya. Dia kini memiliki 3 jari pada tangan kirinya, ibu jari, jari manis dan jari kelingking.

Namun diharapkan dengan beberapa pelatihan dan rehabilitasi, kehidupan akan segera kembali normal untuk Liu. Dan Liu tidak lagi harus menyembunyikan tangannya setiap kali dia keluar rumah.

http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/234308-manusia-dengan-tangan-terbesar-yang-pernah-ada-di-dunia.html

Ditulis Oleh : News Online // 11:31 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment