Monday, November 14, 2011

Museum-Museum Paling Aneh di Dunia


 TERNYATA, tak semua museum diberdirikan atas dasar suatu kebudayaan yang hendak diabadikan. Beberapa museum didirikan justru karena ada suatu aspek yang dianggap eksotis.

Mungkin kita tak pernah terpikir beberapa hal yang kita anggap biasa saja, namun ternyata menginspirasi untuk dijadikan sebuah museum.

Tanpa mempedulikan betapa anehnya subjek yang menjadi benda utama dalam museum yang dibuat, tapi museum-museum aneh ini nyata ada di dunia.

Berikut beberapa museum aneh tersebut, sebagaimana dilansir CNNGo, Senin (14/11/2011):

Museum Keran Air, Beijing, China
Dari namanya saja sudah terdengar cukup aneh bukan? Ya, tapi museum ini benar-benar ada di Beijing, China.

Museum yang didirikan di sebuah bangunan yang dulunya berbentuk tabung di pusat Beijing ini diubah menjadi tempat diabadikannya keran-keran air dari jaman dahulu hingga yang paling terbaru.

Secara keseluruhan, kurang lebih telah ada 130 model keran air yang benar-benar asli dari jamannya.

Selain itu juga ada artefak dari kupon penerimaan air dari jaman awal mula adanya keran air dari perusahaan air bernama Jingshi Tap Water Company.

Tapi jangan sampai tergoda mencicipi air dari dalam keran air yang ada di dalam museum itu ketika merasa haus setelah membaca sejarah dari masing-masing keran air yang dipamerkan di sana, pasalnya penduduk Beijing sudah lama tahu bahwa air dari keran-keran air tersebut tidak aman diminum.

Yang tidak boleh dilewatkan dari museum tersebut: miniatur sistem filtrasi keran air yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di Forbidden City.

Museum Karya Seni yang Jelek, Amerika Serikat
Karya seni yang buruk pun dapat dihargai dengan dikumpulkan menjadi satu dan diabadikan ke dalam sebuah museum.

Sebuah museum di Massachuset, Amerika Serikat, menyimpan setotal 600 benda karya seni buruk yang pernah ada di dunia.

Karya seni buruk yang dimaksud adalah sebuah karya seni yang gagal dalam pembuatannya. Semisal, lukisan seorang ibu bergaya pop art, namun gambar tersebut tidak sempurna, karena terjadi kesalahan penggambaran. bagian badan si ibu tidak asimetris dengan bagian tubuh lainnya.

Sehingga dalam gambar tersebut badan ibu yang ada di gambar tersebut terpisah dengan bagian pinggang.

Museum Tali Leher Anjing, Inggris
Sekitar setengah juta pecinta hewan peliharaan bersukacita menyambut kehadiran sebuah museum yang menampilkan beragam perlengkapan anjing. Museum ini pun menjadi satu-satunya di Inggris.

Anjing merupakan binatang peliharaan yang selalu ada di tanah halaman milik para bangsawan seperti di Leas Castle (Puri Leas).

Anjing-anjing ini lah yang menyemarakkan hidup Lady Baillie, seorang pemegang warisan terakhir di keluarga bangsawan di puri itu. Lady Baille begitu mencintai anjing, hingga dia pun terinspirasi mendirikan museum ini.

Museum ini memamerkan 100 pakaian anjing yang unik-unik dari beberapa ratus tahun yang lalu. Sehingga benda-benda di museum ini dapat menjadi dokumentasi sejarah dunia anjing dari abad pertengahan.

Benda paling unik dari museum ini adalah kalung leher anjing dari abad 15 dan 16 dengan hiasan berbentuk paku di seklilingnya untuk melindungi sekitar leher ketika menyerang binatang lain.

Museum Mesin Pemotong Rumput, Inggris
Kenapa tidak mendirikan mesin pemotong rumput? Mungkin begitu yang ada di benak pendiri museum aneh ini. Museum ini didirikan untuk merinci sejarah alat kebun bertenaga.

Jika Anda ingin melihat mesin pemotong rumput bertenaga surya pertama di dunia, atau bentuk asli dari pemotong rumput jaman dahulu, semua ada di museum ini.

Bahkan, mesin pemotong rumput milik kerajaan Pangeran Charles dan Putri Diana, atau pun mesin pemotong rumput yang paling mahal di dunia, semua ada di museum ini untuk masyarakat dunia.

Museum Rambut, Avanos, Turki
Avanos, sebuah kota kecil di pusat Turki, telah dikenal sejak jaman dahulu untuk gerabah gerabah yang luar biasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, kota telah memperoleh ketenaran untuk sebuah pemandangan yang lebih tidak biasa, yaitu sebuah museum kumpulan rambut aneh yang diciptakan oleh seorang pembuat tembikar, Chez Galip.

Di dalam museum ini terdapat rambut dari 16.000 perempuan di dunia, bersama dengan nama dan alamat dari si pemilik rambut.


http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/227837-museum-museum-paling-aneh-di-dunia.html

Ditulis Oleh : News Online // 8:05 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment