Friday, November 11, 2011

Pertanyaan Mengungkap Fakta dan Fiksi kematian Bruce Lee

21 Pertanyaan Mengungkap Fakta dan Fiksi di film Dragon : The Bruce Lee Story. The Bruce Lee Story adalah film keluaran 1993, disutradarai oleh Rob Cohen (sutradara The Fast and The Furious), dibintangi oleh Jason Scott Lee (Bruce Lee), dan Lauren Holly ( Linda Lee) bedasarkan buku karya Robert Clouse "Bruce Lee : The Biography" dan "Bruce Lee : The Man I Only Knew" karya Linda Lee.



ChasingTheFrog, sebuah website yang membahas film-film yang dibuat berdasarkan kisah nyata dan buku-buku, menyediakan informasi yang menarik. Situs ini mengumpulkan berbagai fakta-fakta antara kisah nyata yang sebenarnya mendasari film-film tersebut dengan jalan cerita yang disajikan di film-film tersebut dalam 21 pertanyaan (bisa kurang atau lebih). Salah satunya adalah mengenai film Dragon : The Bruce Lee Story.

Berikut 21 Pertanyaan seputar fakta yang ada di dalam sejarah hidup Bruce Lee dan cerita yang ada di dalam film ini :

1. Apakah roh jahat memang menjadi penyebab kematian Bruce Lee seperti cerita di film ini ?

Film ini menyajikan sebuah alasan berdasarkan biografi yang ditulis oleh istri Bruce Lee, Linda Lee bahwa kematian Bruce Lee adalah karena sebuah kutukan keluarga yang menyebabkan Bruce Lee meninggal. Film ini menunjukkan Bruce (yang diperankan Jason Scott Lee) bertarung dengan sebuah roh jahat asli yang datang ke dalam mimpinya. Apakah Bruce yang asli bermimpi mengenai setan ini segera sebelum kematiannya, saat dia berbaring dengan tidak sadar di sofa di dalam apartemen Bett Ting Pei ? Kelihatannya tidak.
Dalam kenyataan, selingkuhan Bruce Lee (sebagaimana digosipkan oleh media Hong Kong), Betty Ting Pei mengatakan pada 20 Juli 1973, Bruce berbaring di sofa wanita itu untuk tidur siang setelah wanita tersebut memberikan resep analgesic (pembunuh rasa sakit) untuk sakit kepala. Saat Bruce tidak hadir dalam acara makan malam, produser Raymond Chow, yang sebelumnya mampir di apartemen Betty, kembali dan mencoba membangungkan Lee. Chow tidak berhasil dan seorang dokter dipanggil dan mencoba selama 10 menit untuk membangunkan Lee. Saat dia tidak bangun juga, Bruce Lee kemudian di bawa ambulan ke Rumah Sakit Queen Elizabeth. Dia telah mati sebelum ambulan itu tiba di rumah sakit.
Sebuah otopsi mengungkap bahwa Bruce lee meninggal kemungkinan besar disebabkan karena efek ketidakcocokkan antara bahan-bahan yang terdapat di dalam resep obat Equagesic yang diberikan padanya oleh Betty Ting Pei. Keberadaan daun ganja (cannabis) juga ditemukan di perutnya, tetapi tidak dalam jumlah yang bisa untuk membunuhnya (dipercaya bahwa pria itu mengunyah daun ganja). Mungkin kematiannya disebabkan kombinasi dari daun ganja dengan satu atau lebih bahan yang terkandung di dalam tablet Equagesic yang menyebabkan otaknya membengkak dari 1.400 gram menjadi sebesar 1. 575 gram (atau sebesar 13 %), menyebabkan terjadinya cerebral edema, sebuah kondisi yang diartikan sebagai akumulasi air yang berlebihan di dalam ruang sel otak intra atau ekstra. Kondisi itu bisa disebabkan karena reaksi alergi, seperti yang dialami Bruce.
(Analgesic yang dikenal dengan nama Equasic adalah sebuah pembunuh rasa sakit yang terdiri dari Aspirin dan penenang otot meprobamate. Beberapa bentuk mungkin mengandung opioid ethotheptazine. Obat yang bisa meredakan ketegangan yang dialami oleh kepala yang sakit, akan tetapi obat itu dilarang di Inggris sejak 2002, karena obat lain yang lebih aman/kurang beracun dibanding dengan ethotheptazine telah tersedia).

2.Pernahkah Bruce Lee sebelumnya dibawa ke rumah sakit dengan kondisi yang sama dengan kondisi yang membuatnya meninggal ?

Ya. Pada 10 Mei 1973, kurang lebih dua bulan sebelum kematiannya, Bruce pingsan di Golden Harvest Studio di Hong Kong saat mendubbing suaranya untuk film Enter the Dragon. AC (air conditioner) di dalam studio telah dimatikan, karena suara AC tersebut mengganggu proses dubbing. Panas yang ekstrim rupanya menjadi sebab pingsannya Bruce Lee. Dia dibawa ke rumah sakit dimana dia dirawat oleh dokter keluarganya, Dr."Don" Langford dan dokter bedah syaraf Dr.Peter Wu. Kedua dokter tersebut percaya bahwa kondisi yang sama telah menyebabkan kemaian Bruce Lee kurang lebih dua bulan kemudian sebagai akibat dia memakai cannabis (daun ganja), khususnya karena caranya memakai ganja itu, bukannya di hisap dalam bentuk rokok, tetapi malah dikunyah atau dimakan.


3.Mungkinkah perbuatan jahat menjadi alasan dari kematian Bruce Lee ?

Tidak ada bukti yang mendukung bahwa kematian Bruce Lee disebabkan oleh perbuatan jahat seseorang. Saudara bungsu Bruce, Robert Lee, percaya bahwa ada semacam perbuatan jahat yang menyebabkan kematian kakaknya. Robert percaya bahwa kondisi fisik dan emosional kakaknya yang merosot merupakan tanda bahwa dia diracuni. Yang lain memunculkan ide bahwa kepentingan persaingan bisnis dan kesepakatan dengan Raymond Chow telah membuat Bruce dibunuh. Tetap saja, belum ada bukti-bukti yang muncul yang mendukung teori-teori ini.



4. Apakah kutukan keluarga menjadi sebab kematian Bruce Lee sebagaimana diceritakan di film ini ?


Film Dragon : The Bruce Lee Story mengindikasikan bahwa kutukan keluarga mengejar Bruce di mayoritas hidupnya, dan bahwa dia diberikan nama Amerika "Bruce" untuk membantu menghindar dari roh jahat. Dalam kenyataannya, pada waktu kelahiran Bruce, dokter yang menangani kelahirannya Dr.Mary Glover memikirkan nama Bruce dan menyarankan nama itu pada ibunya Grace Lee. Ayahnya saat itu sedang tampil di New York. Ibunya suka nama itu dan akhirnya nama itu melekat padanya.
Singkatnya, setelah kelahirannya, orang tua Bruce memberikan dia tambahan nama feminim Lei Saifung Pinyin : Li Xifeng, yang secara harfiah berarti "phoenix kecil". Hal itu merupakan adat China memberikan nama semacam itu pada anak-anak dalam rangka menyembunyikan mereka dari roh jahat. Nama itu digunakan semasa Bruce kecil. Pembuat film ini mengetahui mengenai tradisi tersebut dan membesar-besarkan hal ini dalam jalan cerita. Banyak orang yang melihat film tersebut di tahun 1993 percaya bahwa kematian Bruce disebabkan oleh kutukan keluarga. Tentu saja hal ini tidak membantu penyelidikan mengenai kematian Bruce
.
5. Apakah Bruce Lee memakai steroid ?

Suami kedua Linda Lee, Tom Bleeker, percaya bahwa penyalahgunaan obat steroid anabolic yang dilakukan Bruce yang merusak dia baik secara fisik maupun emosional. Tom Bleeker membuat tiga pendapat dalam bukunya Unsettled Matters, yang ditulisnya setelah dia bercerai dari Linda. Bleeker percaya bahwa penyalahgunaan obat steroid mungkin dimulai di akhir tahun 1960-an. Hanya dia satu-satunya orang yang membuat klaim semacam ini, dan dia kelihatannya berusaha membela pendapatnya," Persoalan penggunaan steroid yang dilakukan Lee kompleks," kata Bleeker."Tapi hal utama yang ingin kukemukakan adalah bahwa steroid merusak Bruce baik secara fisik maupun emosional. Seperti banyak atlet yang menggunakan obat-obatan itu, Bruce membayarnya dengan harga mahal. aku tahu bahwa banyak orang akan berteriak bahwa tidak pernah akan dalam jutaan tahun seorang Bruce Lee akan menggunakan steroid." Akan tetapi, steroid mungkin merupakan salah satu penjelasan mengenai sikapnya yang sering tidak menentu dan kekerasan yang meledak-ledak selama masa akhir hidupnya. Tom Bleeker menyimpulkan bahwa pada akhirnya, dia percaya bahwa entah Bruce diracuni atau menderita kegagalan besar yang berhubungan dengan hormon adrenalin karena steroid atau penyalahgunaan obat.

6. Di mana Bruce dimakamkan ?

Bruce dimakamkan di samping putranya Brandon Lee di Pemakaman Lake View di Seattle. Pengusung jenasah dalam pemakamannya meliputi saudara bungsunya Robert Lee, dan aktor James Coburn dan Steve McQueen. Di upacara pemakaman di Hong Kong lebih dari 25.000 pelayat berkumpul di jalanan. Dalam nisannya tertulis " Inspirasi anda tetap terus membimbing kami menuju kemerdekaan pribadi kami." Sementara dalam nisan Brandon tertulis sebuah kata mutiara dari buku Paul Bowles The Sheltering Sky. Sebenarnya kutipan tersebut juga cocok untuk Bruce Lee (Brandon sebenarnya bermaksud memakainya di undangan pernikahannya) :
"Karena kami tidak tahu kapan kami akan mati, kami berpikir bahwa hidup adalah sebuah sumur yang tiada habis-habisnya. Dan lagi, bahwa segala sesuatu yang terjadi hanyalah sejumlah angka di dalam masa, dan angka yang sangat kecil sebenarnya. Berapa lama lagi waktu yang anda ingat, hari- hari tertentu di masa kecil anda, sebuah hari yang benar-benar menjadi bagian dalam kehidupan anda, yang anda tidak bisa bayangkan bagaimana hidup anda tanpanya ? Mungkin empat atau lima kali lebih ? Mungkin bahkan tidak sebanyak itu. Berapa banyak lagi waktu anda akan melihat Bulan Purnama ? Mungkin 20. Dan lagi itu semua terlihat tidak terbatas..."


http://forum.vivanews.com/sejarah-dan-budaya/103547-21-pertanyaan-mengungkap-fakta-dan-fiksi-kematian-bruce-lee.html

Ditulis Oleh : News Online // 8:54 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment