Wednesday, November 30, 2011

Tiruan Syaraf Otak Berkecepatan Cahaya



Jakarta - Ilmuwan menciptakan teknologi syaraf yang mentransfer informasi yang miliaran kali lebih cepat daripada sirkuit otak. Paul Prucnal, profesor Universitas Princeton, dan David Rosenbluth, ilmuwan syaraf laboratorium teknologi Lockheed Martin, menciptakan proyek "photonic neuron".
Seperti dikutip dari PhysOrg, kedua ilmuwan ini menciptakan perangkat komputasi berbasis serat optik yang bekerja seperti syaraf otak manusia, tapi berproses miliaran kali lebih cepat.
Proyek yang sudah dimulai sejak 2008 ini berusaha untuk mengatasi kendala kecepatan transfer informasi pada perangkat bersirkuit listrik. Caranya, mereka menggunakan kabel serat optik, yang katanya dapat mentranser informasi dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.
Tim peneliti meminjam konsep proyek ini dari proses dan cara kerja elektrokimia yang dimiliki syaraf otak manusia.
Jika proyek ini berhasil, hasil akhirnya adalah teknologi yang dapat membuat keputusan secara cepat. Manfaatnya adalah untuk membuat keputusan cepat pada momen darurat, misalnya mengetahui lokasi teroris dengan sinyal radio, otomasi pelontar kursi pilot saat pesawat terbakar, atau untuk mengontrol gerak robot.


http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/149064-tiruan-syaraf-otak-berkecepatan-cahaya.html

Ditulis Oleh : News Online // 10:57 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment