Thursday, November 24, 2011

Tradisi Aneh dan Unik Kampus Dunia



PERGURUAN tinggi bukan hanya tempat untuk menuntut ilmu. Kampus juga merupakan tempat untuk melakukan kegiatan yang pada akhirnya bisa menjadi tradisi yang turun-menurun.
Beberapa universitas di Amerika Serikat dan Inggris memiliki tradisi unik, mulai dari yang serius hingga aneh. Apa saja tradisi tersebut? Berikut tradisi perguruan tinggi yang aneh dan unik seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (17/11/2011).

1. Carnegie Mellon University

Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Amerika Serikat memiliki pagar yang rendah di bagian tengah kampus. Pagar ini dapat dilukis oleh mahasiswa pada tengah malam hingga matahari terbit. Namun, pagar hanya dapat dilukis dengan kuas cat (roller dan semprotan tidak diperbolehkan).

Pagar yang terbuat dari kayu ini dinobatkan oleh Guinness Book of World Records sebagai obyek yang paling banyak dicat di dunia. Dan uniknya, mahasiswa bisa ditemukan berkemah hingga seminggu di dekat pagar yang jadi target mereka. Mereka menetap di lokasi pagar yang telah dicat guna melindungi pekerjaan mereka diserobot orang lain. Sementara mahasiswa yang romantis kerap mengunakan pagar ini untuk melamar kekasihnya.

2. University of Chicago

University of Chicago di Amerika menyelenggarakan tradisi Scavenger Hunt setiap tahun dan dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia. Ajang yang diikuti sejumlah tim mahasiswa ini diselenggarakan selama empat hari. Mahasiswa bertugas melacak setiap barang dan menyelesaikan tugas dari daftar instruksi yang ada. Dua mahasiswa fisika berhasil mencapai tujuan terakhir dan membangun sebuah reaktor yang memproduksi plutonium di sebuah pondok di alun-alun kampus.

3. St Andrews University

Tradisi St Andrews cukup unik. Mahasiswa tahun ketiga harus mengadopsi mahasiswa tahun pertama pada awal tahun akademik. Pada akhir pekan kedua November atau yang dikenal sebagai Raisin Weekend, mahasiswa tahun pertama muncul di rumah masing-masing ‘ayah’ dan ‘ibu’ mereka (yang merupakan mahasiswa tahun ketiga). Di sana, mahasiswa baru akan ‘dihujani’ dengan minuman beralkohol dan berdandan dalam busana yang aneh.

Pesta rumah akan berlangsung selama dua hari tanpa henti dan rumah serikat mahasiswa berubah menjadi rumah sakit mini. Setelah berpesta pada akhir pekan, di hari Senin, mahasiswa baru yang telah diterima di kampus akan dibawa ke alun-alun, dan dilanjutkan dengan pertarungan busa.

4. Oxford University

Oxford merupakan universitas tertua di dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Kampus ini memiliki lebih dari 20 ribu mahasiswa dengan 30 kampus yang merupakan bagian dari Oxford (college). Karena banyaknya college di Oxford, ada beberapa tradisi yang resmi dan tidak resmi. Salah satu tradisi yang aneh adalah Time Ceremony yang dilakukan mahasiswa Merton College.

Ritual ini dilakukan pada hari Sabtu terakhir Oktober. Pada dini hari, mahasiswa berjalan mundur di tempat minum, alun-alun Fellow. Tujuan kegiatan ini untuk mempertahankan jarak waktu selama perubahan dari waktu musim panas di Inggris (British Summer Time) ke Greenwich Mean Time (GMT). (Di Inggris, GMT digunakan sebagai penunjuk waktu resmi selama musim dingin, sementara pada musim panas mengunakan BST).

5. Harvard University

Kampus bergengsi ini memiliki tradisi unik, yaitu Primal Scream. Tradisi yang telah berlangsung sejak 1960 ini telah bermetamorfosis. Dahulu, mahasiswa biasa melakukan ritual dengan berteriak selama 10 menit pada malam sebelum ujian. Kini, Primal Sream biasa dilakukan mahasiswa dengan berlari telanjang di universitas sambil diiringi suara dari band Harvard University dan sorakan dari penonton.

6. Stanford University

Menyelusuri terowongan beruap atau Steam-tunnelling merupakan tradisi di Stanford. Tradisi universitas yang berlokasi di Amerika ini dilakukan dengan berjalan melalui terowongan bawah tanah Stanford yang berbentuk labirin. Tradisi ini sangat populer selama musim dingin, karena uap di terowongan kampus cukup panas. Dalam melakukan tradisi ini, mahasiswa harus mengenakan celana jins dan kemeja lengan panjang untuk menghindari luka bakar ringan.

7. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) memiliki tradisi melakukan aksi lelucon yang cerdas. Permainan ini dirancang untuk membuat sesama mahasiswa dan dosen bertanya-tanya bagaimana caranya mahasiswa melakukan lelucon tersebut. Dikenal sebagai ‘hacks’, para pembuat lelucon ini biasa melakukannya pada malam hari dan dikenal sebagai tradisi paling keterlaluan di MIT. Salah satu aksi para ‘hacker’ yang mengesankan adalah menempatkan mobil Chevrolet yang dicat seperti mobil polisi patroli kampus. Mobil tersebut ditempatkan di atas gedung Great Dome MIT.

8. Yale University

Di Yale, wisuda merupakan waktu yang tepat untuk melakukan tradisi kampus. Mahasiswa yang telah lulus merokok tembakau dari pipa tanah liat dan kemudian menghancurkannya dengan cara diinjak. Ini merupakan pertanda bahwa tanda bahwa kenikmatan kehidupan kampus telah berakhir.

9. Cornell University

Cornell University sangat kental dengan tradisi Dragon Day. Tradisi ini dilakukan mahasiswa arsitektur yang membangun naga raksasa yang kemudian diarak di alun-alun Arts dan kemudian dibakar. Tradisi ini diyakini terinspirasi oleh legenda St Patrick yang menggerakkan ular dari Irlandia. Tradisi ini biasa dilakukan setiap tahun pada 17 Maret.

10. Princeton University

Princeton memiliki tradisi upacara api unggun, yang hanya terjadi saat tim football kampus ini mengalahkan tim dari Harvard dan Yale, pada musim pertandingan yang sama. Terakhir kali tradisi ini dilakukan pada 2006, setelah ‘puasa’ selama 12 tahun. (dgs)


http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/234421-tradisi-aneh-dan-unik-kampus-dunia.html

Ditulis Oleh : News Online // 11:41 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment