Thursday, December 8, 2011

4 Ribu Masker Raib Saat Diturunkan dari Kapal


Sebanyak 4.000 dari 16 ribu masker bantuan dari Departemen Kesehatan yang diperuntukan untuk warga Ternate, hilang saat dibongkar di pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Maluku Utara, Rabu 7 Desember sore.

Empat ribu masker tersebut dikemas dalam dua koli dari total delapan koli yang diangkut. Diduga kuat masker yang hilang itu tercecer atau sengaja dihilangkan” oleh orang tidak bertanggung jawab.

Satgas Kesehatan sendiri, sempat mengamankan lima orang pemuda yang kedapatan tengah menjual masker dalam jumlah besar di jalanan, tak lama setelah masker tersebut dinyatakan hilang. Kelimanya pun langsung digiring ke Polres Ternate.

“Nanti tugas polisi untuk mengungkap darimana sumber masker tersebut. Jika memang itu berasal dari masker yang hilang, maka silahkan diproses secara hukum,” Kadis Kesehatan Ternate, Nurbaity Radjabessy pada Okezone, Kamis (8/12/2011).

Sementara itu, 12 ribu masker yang tersisa langsung diserahkan ke camat untuk dibagikan ke masing-masing kelurahan. “Lurah yang lebih tahu kondisi warganya sehingga prioritas distribusinya benar-benar ke tangan yang membutuhkan,” tambah Nurbaity.

Menyangkut dengan penanganan orang yang sakit, Nurbaity mengatakan sejauh ini pihak mendata sudah lebih dari 80 orang yang menderita sakit akibat debu vulkanik erupsi Gunung Gamalama.

“Dari 80 orang itu, sekira 40 orang menderita ISPA, 30 sakit mata, sisanya sakit umum biasa seperti demam, maag dan lain-lain. Semuanya langsung di tangani di posko-posko setempat,” ujar Nurbaity.

Sementara itu, Wakil Walikota Ternate, Arifin Djafar yang ditemui di ruang kerjanya menyesalkan adanya kehilangan tersebut. Arifin sendiri berjanji akan mengupayakan bantuan masker hingga bisa terdistribusi ke seluruh warga.

“Yang ada saja kurang kok ada yang sampai hati mencurinya? Tapi kami tetap upayakan untuk terus mendatangkan bantuan masker. Masalahnya kita terkendala di transportasi, man tidak ada penerbangan. Besok, Pak Wali (Kota) datang dengan kapal sekaligus membawa bantuan masker karena itu yang paling dibutuhkan saat ini. Sementara untuk obat-obatan stoknya masih cukup,” lugas Arifin saat ditemui terpisah.

http://forum.vivanews.com/berita-dalam-negeri/246664-4-ribu-masker-raib-saat-diturunkan-dari-kapal.html#post2244470

Ditulis Oleh : News Online // 11:57 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment