Wednesday, December 14, 2011

5 Cara Unik Untuk Memprediksi Kesehatan Seseorang

Kondisi kesehatan dan umur panjang seseorang bisa diukur lebih jelas daripada sebagian lain dari gaya hidup dan kebiasaan. Mereka yang mengasup nutrisi seimbang dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga cenderung lebih sehat daripada mereka yang perokok berat atau mengalami kelebihan berat badan.

Namun, ada beberapa hal unik yang bisa digunakan untuk menebak kesehatan dan peluang seseorang yang berumur panjang. 
 Ini lima di antaranya, seperti dikutip Reader's Digest :

1. Panjang Jari

Peneliti Institut Penelitian Kanker (ICR) Inggris membandingkan lebih dari 1.500 pria penderita kanker prostat dengan lebih dari 3.000 pria secara acak. Hasilnya, pria yang memiliki jari telunjuk lebih panjang daripada jari manis mereka 33 persen memiliki peluang lebih rendah mengembangkan kanker prostat.

Pria yang berusia muda dengan jari telunjuk lebih panjang memiliki peluang mengalami kanker prostat lebih kecil, dengan penurunan risiko 87 persen.

2. Urutan Lahir
Meski tidak ada bukti definitif, beberapa studi menunjukkan bahwa anak laki-laki pertama yang dilahirkan memiliki hormon estrogen lebih tinggi saat kelahiran, sehingga meningkatkan risiko kanker testis di masa depan.

Anak yang lebih tua juga memiliki risiko lebih besar mengalami leukimia. "Banyak saran untuk menghindarkan anak yang lebih tua dari paparan virus dan bakteri di sekitar," ucap Elizabeth Rapley, ahli genetika molekuler dan juru bicara ICR di London.

3. Kekuatan Genggaman
Studi 25 tahun terhadap lebih dari 6.000 pria berusia 45-68 tahun menemukan, kekuatan cengkeraman adalah prediktor terbaik kesehatan seseorang di kemudian hari.

Mereka yang mencengkeram paling lemah, dua kali lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan daripada mereka dengan genggaman kukuh. Dalam sebuah studi terpisah yang dilakukan pada pria dan wanita usia lanjut ditemukan, kekuatan mencengkeram berkaitan dengan umur.

4. Rambut Rontok
Studi dilakukan para peneliti dari Harvard Medical School dan Brigham serta Rumah Sakit Wanita menunjukkan pola kebotakan, khususnya kebotakan di puncak kepala. Kebotakan di puncak kepala berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Pria yang botak di puncak kepala, 36 persen lebih mungkin menunjukkan gejala penyakit jantung daripada pria dengan rambut lebat. "Kami menemukan pria dengan kebotakan luas di bagian atas memiliki risiko terbesar mengalami penyakit jantung," kata JoAnn Manson, profesor kedokteran di Harvard Medical School.

5. Agama

Sebuah komunitas Advent Hari Ketujuh di Loma Linda California memiliki angka harapan hidup 88 tahun, 10 tahun lebih lama daripada harapan hidup nasional di AS. Menurut ahli, salah satu alasan yang mungkin berada di baliknya adalah komunitas Advent melarang minum alkohol atau merokok, serta banyak di antara mereka yang melakukan pola makan vegetarian sesuai petunjuk gereja.

Dr Gary Fraser, seorang peneliti dengan Sekolah Universitas Loma Linda yang melakukan penelitian mengatakan kepada BBC, "Kami tak tahu apa sebabnya saat ini, tapi orang yang pergi ke gereja secara teratur, apa pun iman mereka hidup lebih lama."

Sumber : Vivanews.com

Ditulis Oleh : News Online // 3:08 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment