Wednesday, December 28, 2011

Andik Vermansyah Antar Persebaya Raih Unity Cup 2011

http://www.wowkeren.com/images/news/00014588.jpg
Satu gol dan dua assist disumbangkan oleh Andik Vermansyah di leg kedua Unity Cup 2011, Rabu (28/12/2011) malam ini di Stadion Gelora 10 Nopember. Kemenangan 3-2 atas Kelantan FA membuat Persebaya berhak atas trofi Unity Cup yang baru pertama kali digelar. Kemenangan tim berjuluk Bajul Ijo ini sekaligus mengobati duka Indonesia yang sudah dua kali ditaklukkan Malaysia di dua ajang berbeda.
 
Babak I
Kelantan mencoba menekan pertahanan Persebaya di awal laga. Sebuah tendangan first time dilepaskan kapten Badri Radzi menit ketiga. Tapi belum tepat sasaran. Persebaya mencoba bangkit melalui kecepatan Andik Vermansyah dan Rendi Irwan. Memang kedua pemain ini menyulitkan pertahanan Kelantan, tapi hingga menit ke-10, tak ada gol yang tercipta.

Hanya tercipta satu kartu kuning oleh Aziz Ismail di menit kesembilan setelah melanggar Andik. Pada menit ke-12, sebuah umpan terobosan Rendi mengarah ke Andik. Dengan kecepatannya, Andik sukses mengelabuhi dua pemain sebelum berhadapan satu lawan satu dengan kiper Khairul Fahmi Che Mat. Sayang peluang andik dapat digagalkan kiper nomor satu Tim Nasional (Timnas) Malaysia itu.

Dan baru menit ke-16 Andik akhirnya menjebol gawang Fahmi. Kembali umpan silang 'soulmate' Andik, Rendi lah yang menjadi akar gol Persebaya. Menyisir sektor kanan Kelantan, krosing Rendi disambut sempurna Andik. Skor 1-0 Persebaya unggul. Sayang setelah unggul, tuan rumah justru mengendurkan tempo permainan. Sebuah tendangan dilepaskan Aziz, tapi terlalu lemah dan mampu diamankan kiper Endra Prasetya.

Sedangkan hingga menit ke-30, Persebaya masih mengandalkan serangan cepat yang dimotori trio mungil, Andik, Taufiq dan Rendi. Namun kondisi lapangan yang licin karena hujan, membuat pemain sering terjatuh. Kelantan mengambil kendali permainan. Peluang didapat Norfarhan Mohamad, tapi tandukannya belum tepat sasaran.

Persebaya mendapat peluang emas kedua pada menit ke-37. Diawali permainan bola atas Taufiq dan Mat Halil, bola sempat dikontrol dengan dada sebelum sidorkan ke arah Feri Ariawan. Sayang tandukannya masih terlalu lemah dan bisa diantisipasi pemain belakang The Red Warriors.

Feri kembali membuang peluang di menit ke-40. Berawal dari tendangan bebas Amaral, bola diterima dengan kepala oleh Dutra dan di arahken ke Feri. Sayang tandukan Feri justru melambung di atas mistar gawang. Menjelang babak pertama usai, Persebaya mendapat kesempatan lewat tendangan bebas Dutra. Sayang bola justru melambung. Babak pertama berkesudahan dengan skor 1-0 untuk tuan rumah.
Babak II
Babak kedua baru berjalan tiga menit, Kelantan FA sudah menyamakan kedudukan lewat Norshahrul Idlan Talaha. Memanfaatkan kelengahan pemain belakang Persebaya yang masih belum panas, Mohamed Mahmoud Ghadar dengan mudah melepaskan tendangan silang, tapi membentur tiang gawang. Bola muntah lalu disambar dan gol, skor berubah 1-1.

Setelah kebobolan di awal babak, sebuah peluang tercipta oleh Feri Ariawan. Sayang posisi Feri sudah terjebak offside. Pergantian pun dilakukan oleh Persebaya. Amaral yang sedari awal babak kedua sudah melakukan banyak kesalahan, ditarik keluar dan digantikan pemain asal Australia, Mario Karlovic di menit ke-59.

Kelantan juga merefresh lini depannya dengan memasukkan Denny Antwi dan menarik keluar Mohamed Mahmoud Ghadar. Pergantian pemain yang dilakukan Persebaya berbuah hasil. Di menit ke-65, Bajul Ijo kembali unggul lewat Feri Ariawan. Meneruskan umpan Andik Vermansyah, Feri dengan dingin mencocorkan bola ke gawang Khairul Fahmi Che Mat. Persebaya unggul 2-1.

Setelah gol Feri, Kelantan mengancam lewat kaki sang kapten Badri 'Piya' Radzi. Sayang bola masih bisa digagalkan mistar gawang. Andik kembali menjadi otak lahirnya gol ketiga Persebaya yang tercipta di menit ke-74. Memanfaatkan umpan mendatarnya, kapten Otavio Dutra mudah saya mengelabuhi kiper Fahmi. Bajul Ijo pun menggandakan keunggulan  menjadi 3-1.

Usai gol ketiga, Persebaya melepaskan ancaman lewat tendangan jarak jauh Taufiq menit ke-81. Sayang arah bola melenceng jaug dari sasaran. Kelantan sempat mendapat melalui tendangan bebas Indra Putra di menit ke-86. Beruntung kiper Endra Prasetya meninju bola keluar dari daerahnya. Semenit setelahnya, giliran Persebaya mendapat tendangan bebas, tapi eksekusi Karlovic dapat digagalkan pemain belakang Kelantan.

Lima menit menjelang laga usai, pertandingan semakin menarik karena kedua tim saling menyerang. Kelantan sempat memperkecil kedudukan melalui Indra Putra. Kedudukan tak berubah. Kemenangan 3-2 mengantar Persebaya juara Unity Cup dengan menang agregat 4-3 atas Kelantan FA. Gelar ini pun membuat sekitar 28 ribu Bonek yang menghijaukan Stadion Gelora 10 Nopember bersorak gembira.

Ditulis Oleh : News Online // 11:06 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment