Wednesday, December 28, 2011

Flashback: Tahun 2011 Dalam Angka

Tahun 2011 merupakan tahun tak terlupakan dalam dunia sepak bola, khususnya bagi Uruguay, Meksiko, Jepang, Manchester United, dan tentu saja Barcelona. Mereka adalah beberapa di antara tim yang mencatat prestasi fenomenal sepanjang tahun 2011.


Raja Latin: Uruguay juara Copa America 2011 di Buenos Aires

Berikut angka-angka unik yang berkaitan dengan sepak bola internasional sepanjang tahun 2011, seperti dilansir dari situs resmi FIFA.

98943 - Jumlah penonton pada final Piala Dunia U-17 saat Meksiko mengalahkan Uruguay 2-0 di Azteca. Total jumlah penonton di stadion pada turnamen junior tersebut mencapai 1.002.314. Sebuah rekor baru bagi FIFA.

178 - Jumlah caps pemain Mesir, Ahmed Hassan, hingga pertandingan terakhirnya saat kalah 0-2 dari Brasil. Pemain berusia 36 tahun itu melakukan debutnya pda tahun 1995 dan menjadi pemain dengan caps terbanyak untuk timnas, menyamai rekor kiper Arab Saudi Mohamed Al Daeya yang terakhir tampil tahun 2006.

150 - Jumlah pertandingan tanpa terkalahkan yang dicatat Jose Mourinho hingga bulan April dalam laga kandang selama sembilan tahun, satu bulan, dan sepulih hari, bersama empat klub berbeda. Manolo Preciado menjadi pelatih pertama setelah 107 pelatih lainnya ketika Sporting Gijon mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu berkat gol tunggal Miguel de las Cuevas. Tim terakhir yang mengalahkan Mourinho di kandangnya adalah Beira Mar yang menang di kandang Porto, Februari 2002 lalu.

110 - Jumlah musim kompetisi berturut-turut di top flight yang diikuti River Plate sebelum tim raksasa itu terdegradasi bulan Juni lalu. Rival Boca Juniors itu resmi turun kasta setelah bermain imbang 1-1 lawan Belgrano, melengkapi sembilan laga tanpa kemenangan, dan kalah agregat 3-1 pada play-off.

108 - Jumlah gol yang dikoleksi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi hingga mengakhiri tahun 2011. Dua pemain yang sama-sama jadi kandidat peraih Ballon d'Or tersebut bermain sensasional tahun ini. Ronaldo total mencetak 53 gol dalam 51 pertandingan untuk Real Madrid, sementara Messi mencetak 55 gol dalam 57 pertandingan untuk Barcelona.

100 - Jumlah tahun yang diperlukan klub Norwegia, Molde, untuk menjadi juara liga pertama sepanjang sejarah dengan pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

75 - Jumlah tahun yang dibutuhkan timnas wanita Jepang untuk menjadi juara Piala Dunia Wanita bulan Juli lalu. Nadeshiko -julukan timnas wanita Jepang- sebelumnya mencatat 22 kekalahan dan hanya tiga kali imbang saat menghadapi rival di final, Amerika Serikat.

57 - Jumlah tahun yang dibutuhkan Lille untuk kembali menjadi juara liga setelah terakhir kali meraih titel juara pada tahun 1954.

46 - Jumlah gol yang dicetak David Villa untuk timnas Spanyol pada bulan Mei, ketika striker Barcelona itu hanya butuh 72 pertandingan untuk melampaui rekor gol Raul Gonzalez. Sementara itu Iker Casillas mencatat rekor caps timnas Spanyol sebanyak 127 kali (bulan November lalu) melampaui rekor Andoni Zubizarreta.

32 - Jumlah gol Diego Forlan yang membuatnya jadi top skor sepanjang masa Uruguay. Striker Inter Milan itu melampaui rekor gol legenda Uruguay, Hector Scarone, dan mencatat 84 caps yang sekaligus memperpanjang rekornya sebagai pemilik caps terbanyak untuk Los Celeste. Bulan Juli lalu, Forlan juga membawa Uruguay mencatat rekor sebagai "raja" Amerika Latin dengan gelar Copa Amerika ke-15.

29 - Jumlah pertandingan tanpa terkalahkan yang dicatat Boca Juniors untuk menjuarai turnamen Apertura pertengahan Desember lalu, sekaligus membuat Boca sebagai tim pertama dalam 26 tahun terakhir yang meraih gelar juara tanpa terkalahkan. Dengan hanya kebobolan enam gol sepanjang musim, Boca juga menyamai rekornya sendiri sebagai tim juara dengan jumlah kebobolan paling sedikit pada tahun 1990.

23 - Jumlah kemenangan yang diraih Porto saat menjuarai Liga Portugal di bulan April. Saat itu, Porto masih dilatih Andre Villas-Boas dan tak terkalahkan hingga akhir musim. Porto menjadi tim kedua setelah Benfica tahun 1972/73 sebagai juara liga tanpa terkalahkan.

19 - Jumlah gelar juara liga yang diraih Manchester United pada bulan Mei, menjadikan tim asuhan Sir Alex Ferguson itu sebagai tim tersukses sepanjang sejarah sepak bola Inggris, unggul satu gelar juara atas Liverpool. Saat United memastikan gelar juara di kandang Blackburn, Ryan Giggs juga mematahkan rekor David James sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League, yakni 573 laga.

15 - Juta Euro, jumlah nominal yang disetor Chelsea ke rekening Porto untuk memboyong Andre Villas-Boas ke Stamford Bridge pada bulan Juni, menjadikan AVB sebagai manajer termahal dalam sejarah sepak bola dunia. Villas-Boas juga tercatat sebagai pelatih termuda dalam sejarah yang meraih trofi Eropa ketika membawa Porto mengalahkan Braga di final Liga Europa.

13 - Jumlah gelar juara yang dikoleksi Pep Guardiola dalam tiga tahun melatih Barcelona -dari 16 kemungkinan juara- hingga Lionel Messi dkk mengalahkan Santos pada final Piala Dunia Antar Klub 2011. Pada laga final di Yokohama, Guardiola menurunkan 11 pemain homegrown, serta Lionel Messi menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam dua edisi final berbeda di Piala Dunia Antar Klub.

4 - Jumlah gelar yang diraih Jepang di Piala Asia, menjadikan Samurai Biru sebagai penguasa sepak bola Asia. Di final, Jepang mengalahkan Australia 1-0. Dua negara lain yang pernah tiga kali juara Asia adalah Arab Saudi dan Iran.

3 - Jumlah negara debutan yang tampil di Piala Afrika 2012, yakni Botswana, Niger, dan tuan rumah bersama Ekuator Guinea.
Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 11:30 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment