Sunday, January 1, 2012

FOKUS: Daniele De Rossi, Alberto Gilardino, Filippo Inzaghi & Bintang-Bintang Serie A Italia Yang Berpeluang Ditransfer Pada Bursa Januari 2012

Daniele De Rossi - Roma (Getty Images)

Tahun Baru sudah terhampar di hadapan mata. Momen tersebut identik dengan harapan-harapan baru bagi semua orang, tak terkecuali para pesepakbola saat menapaki tahun 2012.

Dengan tanggal 1 Januari menandai pula hari perdana winter transfer window -- selain hari pertama di tahun anyar -- di liga-liga mayor Eropa, tak sedikit aktor lapangan hijau yang memutuskan berganti kostum pada periode ini.

Memang arus transfer musim dingin biasanya tak seramai musim panas, namun tetap cukup krusial bagi para pemain yang berharap memperoleh peruntungan yang lebih baik di tim baru, juga buat klub-klub untuk membenahi skuad demi mencatat prestasi bagus di akhir musim nanti.

Sebelum winter transfer window resmi digulirkan, Kris Voakes, Editor Sepakbola Italia dari GOAL.com Internasional, memberikan uraiannya tentang bintang-bintang Serie A yang mungkin beralih klub pada Januari 2012.

AMAURI | Juventus, Striker, 31

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 0
Gol 0
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer €1 juta
Klub peminat Genoa, Tottenham, PSG
Kans pindah pada
Januari
95%

Pemain berdarah Brasil dan Italia ini dapat dikatakan aset paling tak diinginkan di Juventus saat ini. Setelah gagal 'mengusirnya' pada musim panas, pelatih Antonio Conte membuktikan ucapannya bahwa sang striker memang tak dibutuhkan di tim dengan membuangnya ke skuad tim junior selama empat bulan terakhir.

Pada akhirnya Amauri dikabarkan nyaris pasti meneken kontrak bersama Genoa dalam beberapa hari ke depan. Namun, beberapa laporan sebelumnya juga mengungkapkan adanya minat dari Tottenham serta Paris Saint-Germain. Hal ini dapat memberikan beberapa opsi tambahan bagi Amauri dalam upayanya mengakhiri mimpi buruk di Turin.

MARCO BORRIELLO | Roma, Striker, 29

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 9
Gol 0
Assist 2
FILE TRANSFER
Nilai transfer 8,5 juta
Klub peminat Juventus, Inter
Kans pindah pada
Januari
80%

Gagal mengamankan tempat utama di skuad Roma racikan Luis Enrique, Borriello secara mengejutkan menyeruak sebagai target Juventus. Bekas striker AC Milan ini sebenarnya menggenggam posisi starter di lini depan I Lupi pada awal musim, tapi ketika gagal bersaing dengan Pablo Daniel Osvaldo soal ketajaman di depan gawang lawan, kepercayaan padanya merosot drastis.

Setelah melalui tujuh pekan ke belakang tanpa beraksi sedetik pun, Borriello perlu berhati-hati mempertimbangkan peluang berlabuh di klub lain di mana tingkat kesulitan justru dapat semakin bertambah untuknya jika gagal beradaptasi dengan cepat.

Rumor yang berkembang di media sendiri menyebut Juve tengah mempersiapkan skema transfer berupa peminjaman selama setengah musim dengan biaya €1 juta plus opsi permanen senilai €7,5 juta apabila performanya cemerlang. Namun, I Bianconeri diyakini baru bergerak jika berhasil melego Amauri dan Vincenzo Iaquinta terlebih dulu.

DANIELE DE ROSSI | Roma, Gelandang, 28

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 16
Gol 2
Assist 2
FILE TRANSFER
Nilai transfer €7 juta
Klub peminat Man. City
Kans pergi pada
Januari
25%

Hari penentuan bagi Roma dalam hubungan dengan sang 'Capitan Futuro' kian dekat. Ancaman kepergian De Rossi pun bukan tak mungkin jadi kenyataan. Bakal habis kontrak pada Juni, angka yang diperlukan untuk menarik gelandang timnas Italia ini sekarang 'hanya' €7 juta. Sang pemain pun bisa jadi siap klub kota kelahirannya demi pencarian gelar liga perdana dalam kariernya juga kesempatan untuk menjuarai Liga Champions.

Manchester City, dikabarkan sebagai peminat serius, tak akan kesulitan memenuhi permintaan gaji De Rossi serta memberikan kans untuk mewujudkan ambisi-ambisinya. Tetapi, meski mengakui mengincar sang gelandang, Roberto Mancini telah menekankan bahwa The Eastlands tak akan lagi mengeluarkan uang untuk membeli pemain tanpa menjual lebih dulu.

Itu berarti De Rossi, jika berniat pindah ke Etihad Stadium, mesti menyetujui kesepakatan prakontrak sebelum hijrah dengan bebas transfer di akhir musim. Pilihan lain adalah menunggu hingga kontraknya habis dan memutuskan segala sesuatunya pada musim panas. Saat itu, pastinya bukan hanya City yang bakal ngebet merekrutnya.

ALBERTO GILARDINO | Fiorentina, Striker, 29
STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 13
Gol 3
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer 8 juta
Klub peminat Napoli, Genoa
Kans hijrah pada
Januari
30%

Harus istirahat selama sebulan akibat cedera lutut pada awal kampanye musim ini, performa Gilardino menukik tajam saat kembali, kini ia bahkan harus merelakan tempat di starting line-up kepada Stevan Jovetic setelah Delio Rossi mengambil alih kursi pelatih Fiorentina.

Menghabiskan tiga setengah tahun di Florence, sang attacante amat mungkin beranggapan sekaranglah saat yang tepat untuk pergi.

Genoa sempat menyeriusi intensi merekrutnya sebelum diklaim sudah di ambang kepastian menarik Amauri. Kendati begitu, tak mustahil mereka justru kembali beralih pada Gilardino, yang kabarnya juga dilirik Napoli musim panas silam.

ABEL HERNANDEZ | Palermo, Striker, 21

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 9
Gol 3
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer 20 juta
Klub peminat PSG, Roma
Kans pindah pada
Januari
30%

Hernandez melejit sebagai harapan berikut Palermo untuk mengeruk pundi-pundi melimpah. Ia amat berpotensi mengikuti jejak sederet nama seperti Luca Toni, Fabio Grosso, Amauri, Simon Kjaer, Edinson Cavani, dan Javier Pastore yang dijual mahal setelah mengundang ketertarikan klub-klub top.

Roma, yang sempat mendekati pemuda Uruguay ini pada musim panas kemarin, diprediksi akan kembali menunjukkan minat mereka, sementara Paris Saint-Germain juga gencar dihubung-hubungkan dengannya pada November.

Mengenai ketertarikan dari PSG, Maurizio Zamparini selaku presiden Palermo pun sudah mengutarakan bahwa Hernandez dan Federico Balzaretti akan diizinkan hengkang menuju Parc des Princes apabila datang tawaran yang tepat.

VINCENZO IAQUINTA | Juventus, Striker, 32

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 0
Gol 0
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer €2 juta
Klub peminat Napoli, Olympiakos, Bordeaux
Kans pindah pada
Januari
50%

Seperti halnya Amauri, Iaquinta juga termasuk surplus dalam skuad Juventus sekarang, tapi ketertarikan untuknya terhitung lebih sedikit, sebagian disebabkan cedera paha yang memaksanya melewatkan start musim ini.

Situasi sama sekali tak membaik ketika Iaquinta pulih. Ia sukar menembus tim inti La Vecchia Signora asuhan Antonio Conte dan kini keinginannya untuk mengepak koper dari Juventus Stadium tampak sudah bulat.

Namun, itu tak lantas membuat kepindahan menjadi sesuatu yang pasti buatnya. Pasalnya, walau sempat menunjukkan minat, tak satu pun dari Napoli, Olympiakos, dan Bordeaux yang melanjutkan pengejaran terhadap eks pemain Udinese ini.

Meski begitu, kubu Juve diperkirakan akan bersabar menanti klub peminat -- siapa pun itu -- hingga saat-saat akhir bursa transfer musim dingin mengingat mereka harus mengurangi pengeluaran gaji dengan melepas Iaquinta, juga Amauri dan Luca Toni guna mengakomodasi potensi kedatangan personel anyar.

FILIPPO INZAGHI | AC Milan, Striker, 38

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 3
Gol 0
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer Gratis
Klub peminat Novara
Kans pindah pada
Januari
80%

Pernyataan Massimiliano Allegri pada pekan ini bahwa Inzaghi, pemain yang diidolakan banyak suporter Milan, tak lagi masuk dalam rencananya, laksana tusukan belati pada jantung para Milanisti. Tetapi hal ini sebenarnya tak terlalu mengejutkan jika menilik menit bermain yang diberikan kepada sang striker veteran pada musim ini.

Kendati usianya tak lagi muda, Pippo toh masih memiliki kepiawaian dalam menyelinap di garis akhir pertahanan lawan yang dapat berarti vital buat banyak tim.

Untuk saat ini memang baru Novara yang terang-terangan menyampaikan intensi bernegosiasi dengan Milan untuk memboyong Inzaghi, namun jangan kaget jika kemudian klub-klub yang lebih besar juga berusaha mendatangkannya.

JUAN | Roma, Bek, 32

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 6
Gol 0
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer 3 juta
Klub peminat Juventus
Kans pindah pada
Januari
60%

Bek asal Brasil ini termasuk jajaran nama beken di Serie A yang dibekukan oleh pelatih mereka musim ini. Kembalinya Juan ke lapangan hijau baru-baru ini pun rasanya lebih dikarenakan keterpaksaan di sisi Luis Enrique, pelatih Roma, yang harus kehilangan Nicolas Burdisso dan Simon Kjaer.

Walau telah mendapatkan lagi kesempatan merumput, masa depan Juan di Olimpico kembali diragukan menyusul penampilan apik Daniele De Rossi saat diplot mengisi jantung pertahanan.

Juventus sempat memperlihatkan minat pada musim gugur, dan agen sang pemain pun telah mengungkapkan bahwa kliennya tak kerasan dan berharap segera hijrah dari Roma. Besar kemungkinan Juan bakal langsung menerima tawaran pertama yang datang kepadanya di bursa Januari.

JURAJ KUCKA | Genoa, Gelandang, 24

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 11
Gol 2
Assist 1
FILE TRANSFER
Nilai transfer 8 juta
(50% hak kepemilikan)
Klub peminat Inter
Kans pindah pada
Januari
50%

Setengah hak kepemilikan gelandang Slowakia ini sudah digenggam Inter sebagai bagian dari kesepakatan yang membuat Il Biscione juga merelakan 50 persen hak atas Emiliano Viviano dicaplok Genoa pada musim panas kemarin.

Berdasarkan hal tersebut, lantas berkembang luas rumor yang meyakini Kucka bakal ditransfer penuh ke Inter pada Januari, namun peluang terwujudnya kepindahan itu saat ini mengecil.

Pasalnya, setelah tampil mengilap di awal musim, belakangan performa Kucka terus menurun, dan Inter kemungkinan bakal menanti sampai Mei sebelum mengambil keputusan pasti terkait pemain 24 tahun ini.

Namun, semuanya bakal tergantung dari pengejaran Inter terhadap gelandang-gelandang lain yang menjadi target mereka. Kans hijrah ke Giuseppe Meazza pada Januari bagi Kucka bisa kembali terbuka, dengan catatan Inter gagal mendapatkan incaran utama.

MAXI LOPEZ | Catania, Striker, 27

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 15
Gol 5
Assist 1
FILE TRANSFER
Nilai transfer 7 juta
Klub peminat Milan
Kans pindah pada
Januari
60%

Orang Argentina ini terus menjadi goal-getter utama Catania meski kesuburan seperti pada awal 2010 belum ditunjukkannya lagi. Apa pun, Milan sebagai peminat servisnya sejak lama kini mendapat lampu hijau untuk merealisasikan niatan mereka.

Namun, selain mengonfirmasikan sudah mencapai kesepakatan prinsipil dengan I Rossoneri, kubu Catania juga mengklaim bahwa jawara bertahan Serie A itu bukanlah satu-satunya pembidik Lopez.

Dengan Carlos Tevez menyeruak menjadi target nomor satu Milan, masih belum jelas apakah Il Diavoli bakal menetapkan striker anyar kedua dalam agenda mereka. Yang pasti, entah itu Maxi Lopez ataupun Tevez, kesepakatan bersifat peminjaman tetap akan menjadi preferensi bagi Adriano Galliani sebagai penentu kebijakan aktivitas Milan di bursa transfer.

RICCARDO MONTOLIVO | Fiorentina, Gelandang, 26

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 14
Gol 0
Assist 1
FILE TRANSFER
Nilai transfer 5 juta
Klub peminat AC Milan, Inter
Kans pindah pada
Januari
40%

Punggawa Gli Azzurri ini memang tetap menjadi personel reguler bagi Fiorentina musim ini, tapi lenyapnya ban kapten dari lengannya ditambah berkurangnya kengototan dan totalitas Montolivo di lapangan sebagaimana biasa berbicara dengan sendirinya bahwa hubungannya dengan pihak klub semakin memburuk.

Dengan kepindahan terlihat sebagai sebuah kepastian, pertanyaan yang tersisa hanyalah kapan dan ke mana Montolivo akan hengkang.

Milan yang digadang-gadang sebagai favorit terdepan pengunci tanda tangannya mungkin bakal berusaha segera mendatangkannya dengan biaya seminimal mungkin pada Januari, tapi mereka sepertinya cenderung memilih untuk menunggu hingga 30 Juni, ketika sang pemain berstatus free agent.

Kemungkinan lain bagi Montolivo adalah bergabung dengan Inter, yang juga sempat mendeklarasikan minat. Jika memilih I Nerazzurri, maka ia akan kembali bereuni dengan Giampaolo Pazzini, mantan rekannya di Atalanta dan Fiorentina.

RADJA NAINGGOLAN | Cagliari, Gelandang, 23

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 16
Gol 1
Assist 2
FILE TRANSFER
Nilai transfer 10 juta
Klub peminat AC Milan, Juventus, Inter, Man. City
Kans pindah pada
Januari
40%

Tampil cemerlang namun kurang begitu tersorot di Piacenza, Nainggolan 'meledak' sejak mendarat di Cagliari pada Januari 2010. Walau termasuk punggawa penting dalam skuad, gelandang timnas Belgia keturunan Indonesia ini sangat mungkin dijual Cagliari demi mendatangkan dana segar dalam waktu dekat.

Dengan perpaduan keuletan, kegigihan, plus kreativitasnya yang menarik perhatian trio klub terbesar Italia, perburuan tanda tangan Nainggolan diyakini akan berlangsung sengit. Namun begitu, AC Milan, Inter, dan Juventus tampaknya lebih memilih prioritas lain terlebih dulu sembari menanti perkembangan situasi Nainggolan hingga musim panas. Selain tim-tim besar Negeri Spageti, Manchester City asal Inggris juga kuat dikait-kaitkan dengannya.

FABIO QUAGLIARELLA | Juventus, Striker, 28

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 9
Gol 1
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer 8 juta
Klub peminat AC Milan
Kans pindah pada
Januari
25%

Kurang begitu memuaskan Antonio Conte saat pramusim, kesempatan bagi Quagliarella pada musim ini terbatas hingga 198 menit saja. Pendekatan dari Milan yang dikabarkan berniat meminjamnya pun bisa jadi dipertimbangkan secara serius.

Meski demikian, usaha keras dan etos kerja tinggi eks pemain Napoli ini membuatnya mendapatkan kembali kepercayaan dari Conte, ditambah Alessandro Matri yang tak begitu rutin mencetak gol belakangan ini, Quagliarella justru mungkin memperoleh kans bermain reguler jika memilih bertahan.

Oleh karenanya, walaupun opsi hijrah tak dapat dicoret, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah Quagliarella akan tetap di Turin untuk enam bulan ke depan sebelum membuat keputusan signifkan terkait masa depannya.

TAYE TAIWO | AC Milan, Bek, 26

STATISTIK MUSIM INI
Penampilan 8
Gol 0
Assist 0
FILE TRANSFER
Nilai transfer 6 juta
Klub peminat Benfica
Kans pindah pada
Januari
65%

Kedatangan ke San Siro yang sudah diantisipasi sejak lama ternyata justru mengecewakan bagi pesepakbola Nigeria ini. Hanya mengoleksi empat penampilan Serie A sejauh ini, Taiwo justru lebih banyak dilanda spekulasi seputar masa depannya lantaran pelatih Massimiliano Allegri tak memiliki cukup keyakinan untuk memberinya kesempatan turun secara rutin.

Jajaran direksi Milan pun tampaknya tak keberatan menjual pemain berkaki kidal ini, apalagi dengan potensi keuntungan yang didapat mengingat I Rossoneri tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk merekrutnya.

Selain klub Portugal, Benfica, yang mengutarakan ketertarikan pada musim gugur, Taiwo juga mungkin saja kembali ke Ligue 1 Prancis dengan beberapa klub dilaporkan meminati jasanya setelah sempat mengecap sukses bersama Marseille sebelum ke Milan.
Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 1:04 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment