Sunday, December 4, 2011

Kaltim Paling Banyak Bebaskan Terdakwa Korupsi


Wilayah Kalimantan merupakan wilayah yang paling banyak memberikan vonis bebas untuk terdakwa kasus korupsi.Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Andi Nirwanto mengatakan berdasarkan data yang ada, pengadilan di Kalimantan, telah memberikan vonis bebas terhadap 31 terdakwa kasus korupsi.
"Kalimantan Timur ada 31 perkara bebas. Kemudian di Lampung ada dua satu di tengah dan barat. Juga ada dua di wilayah Jawa Barat," ujar Andi Nirwanto di Bandung, Minggu (4/12/2011).
Andi mengakui jika putusan bebas terdakwa tindak pidana korupsi belakangan menjadi sebuah fenomena tersendiri. Namun jika dilihat secara keseluruhan sebenarnya putusan bebas tersebut hanya sebesar 2 persen.
"Tiap tahun ada 1.500 perkara, yang gagal dalam penuntutan kurang lebih 2%. Jika dibanding dengan KPK, ini juga sama, karena KPK menuntut 50 perkara pertahun," ucapnya.
Terhadap putusan yang lepas dan bebas, sikap Kejaksaan Agung menghargai dan menghormati sikap hakim.
"Namun kita juga ambil langkah - langkah, kita exsaminasi terhadap putusan bebas," katanya.
Selain itu Jampidsus juga membuat edaran ke seluruh Indonesia untuk melakukan evaluasi. Ada beberapa faktor yang akan dilihat dalam kegagalan penuntutan.
"Apakah karena ada perbedaan persepsi antara Majelis Hakim dan JPU. Kemudian apakah karena jaksa tidak mampu gali alat-alat bukti di sidang. Juga apakah karena proses penangganan perkaranya ditangani secara tidak kprofesional," jelasnya.
Namun demikian ia mengatakan hingga saat ini Kejaksaan Agung belum menemukan adanya perbuatan tercela dari hakim dan jaksa. "kalau ada diadakan pemeriksan fungsional internal," ucapnya.

http://forum.kompas.com/regional/50324-kaltim-paling-banyak-bebaskan-terdakwa-korupsi.html

Ditulis Oleh : News Online // 4:06 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment