Monday, December 5, 2011

Menerka Peluang Tim Unggulan Dari Hasil Undian Piala Eropa 2012

Juara bertahan Spanyol berada satu grup dengan juara Piala Dunia 2006 Italia serta Republik Irlandia dan Kroasia pada Grup C. Sementara titel "grup neraka" kali ini jatuh pada Grup B yang dihuni Jerman, Belanda, Portugal, dan Denmark.



Semua negara yang pernah menjadi juara Eropa (sembilan negara) tampil di putaran final Piala Eropa 2012. Terakhir kali hal ini terjadi adalah pada Piala Eropa 2004 lalu, namun saat itu hanya 8 negara (Yunani kemudian tampil sebagai juara baru).

Hasil undian penyisihan grup Piala Eropa 2012:

GRUP A (Venue di Warsaw dan Wroclaw)
Polandia
Yunani
Rusia
Republik Ceska

GRUP B (Kharkiv dan Lviv)
Belanda
Denmark
Jerman
Portugal

GRUP C (Gdansk dan Poznan)
Spanyol
Italia
Republik Irlandia
Kroasia

GRUP D (Kyiv dan Donetsk)
Ukraina
Swedia
Prancis
Inggris

Prediksi tim-tim yang lolos dari penyisihan grup:

GRUP A
Sejak tahun 1988, Rusia (termasuk saat masih bernama Uni Soviet) telah lima kali tampil di putaran final Piala Eropa dan empat tim juara muncul dari grup mereka.

Pelatih Polandia Franciszek Smuda menggambarkan grup ini "sangat berimbang", dengan arti tak ada jaminan bagi Wojciech Szczesny dkk untuk lolos penyisihan grup meski berstatus tuan rumah. Rusia yang tampil gemilang di Piala Eropa 2008 bersama Guus Hiddink siap mengulang sejarah dengan pelatih asal Belanda lainnya, Dick Advocaat.

Pelatih Yunani Fernando Santos optimis timnya mampu mengulang kejutan tahun 2004 saat negeri seribu dewa mengejutkan dunia dengan menjadi juara Eropa. Republik Ceska yang kini tampil lebih kolektif dengan banyak pemain muda, tetap menjadi kuda hitam dan berpotensi mengulang prestasi mereka di Inggris tahun 1996 lalu.

Prediksi lolos grup: Rusia (juara grup), Polandia (runner up)

GRUP B
Grup neraka. Tiga mantan juara Eropa bertemu di grup ini. Belanda, Denmark, dan Jerman. Portugal tak bisa dipandang sebelah mata karena hingga kini mereka masih penasaran saat dikalahkan Yunani pada final 2004 lalu.

Belanda akan menghadapi Tim Dinamit pada laga perdana, sementara Manuel Neuer dkk bakal menghadapi Cristiano Ronaldo cs pada 9 Juni. Derby Belanda vs Jerman berlangsung empat hari kemudian.

Portugal harus mewaspadai rekor buruk mereka di fase kualifikasi. Jerman menjadi favorit juara grup, sementara Belanda harus kembali pada peak performance usai Piala Dunia.

Belanda belum pernah tereliminasi dari penyisihan grup di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia) sejak Piala Eropa 1980. Belanda dan Denmark juga bertemu di laga perdana mereka di Piala Dunai 2010 lalu.

Denmark merupakan tim dengan peringkat FIFA paling rendah di grup ini, namun Nicklas Bendtner dkk berada di peringkat yang lebih tinggi dari semua tim di Grup A (Rusia, peringkat 12).

Prediksi lolos: Jerman, Belanda

GRUP C
Spanyol dan Italia difavoritkan lolos dari grup ini. Kedua tim Agustus lalu bertemu pada laga uji coba yang dimenangkan Italia dengan skor 2-1.

Republik Irlandia kembali tampil di putaran final Piala Eropa setelah absen selama 24 tahun. Dua tim lainnya yang pernah absen panjang adalah Prancis (1984) dan Yunani (2004).

Pelatih Irlandia Giovanni Trapattoni akan menjadi pelatih paling tua dalam sejarah putaran final Piala Eropa (72 tahun). Mr Trap akan menghadapi negara asalnya, Italia, pada pertandingan terakhir Grup C, 18 Juni.

Prediksi lolos: Spanyol, Italia

Grup D
Ukraina sebagai tim debutan berharap tuah tuan rumah berpihak pada mereka meski berada satu grup dengan Prancis, Inggris, dan Swedia.

Rekor Inggris ketika menghadapi tuan rumah Piala Eropa adalah kalah dari Italia tahun 1980, kalah dari Swedia (1992), dan kalah adu penalti dari Portugal (2004). Inggris masih diliputi ketidakpastian Wayne Rooney dalam skuad The Three Lions ke Piala Eropa.

Prancis tak terkalahkan dalam enam pertemuan terakhir lawan Inggris, termasuk uji coba di Wembley bulan November tahun lalu saat menang 2-1 di Wembley. Swedia yang selama ini jadi mimpi buruk Inggris, kalah tipis pada laga uji coba di Wembley bulan lalu.

Ukraina yang tak ikut kualifikasi karena berstatus tuan rumah, meraih tiga kemenangan dalam laga uji coba terakhir, namun menghadapi lawan-lawan yang kualitasnya di bawah Anatoly Tymoschuk dkk, yakni Bulgaria (3-0), Estonia (2-0), dan Austria (2-1). Saat beruji coba dengan Jerman di Kyiv 12 November lalu, Ukraina bermain imbang 3-3.

Prediksi lolos: Prancis, Inggris

Bagaimana dengan prediksi anda? Apakah tim favorit anda masuk "grup neraka"? Mampukah tim favorit anda lolos dari penyisihan grup atau bahkan menjadi juara di Eropa Timur musim panas mendatang?

Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 7:46 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment