Monday, December 5, 2011

PROFIL Tim Peserta Piala Dunia Antarklub FIFA: Auckland City

Auckland City - O-League champions
Getty Images
Piala Dunia Antarklub 2011, atau dalam istilah internasionalnya FIFA Club World Cup, sudah semakin dekat masa penyelenggaraannya. Semua tim yang ambil bagian mulai bersiap untuk menghadapi kompetisi elit ini, dengan target juara tentunya.

Turnamen yang digelar pada 8 hingga 18 Desember di Jepang itu menghadirkan klub-klub papan atas di setiap konfederasi. Tim yang populer antara lain Barcelona dan Santos, sementara lima tim lain kurang begitu dikenal.

GOAL.com ingin ambil bagian dalam turnamen ini dengan memperkenalkan kepada Anda siapa saja tim yang terlibat di turnamen ini.

SEJARAH SINGKAT
Auckland City didirikan pada 2004 dan menjadi salah satu dari delapan tim amatir di kejuaraan sepakbola Selandia Baru. Mereka adalah juara empat kali.

Di dua musim pertamanya, City bisa meraih dua gelar juara sekaligus, liga dan turnamen, yang menjadikan mereka sebagai raksasa Seladia Baru. City juga terlibat dalam Piala Dunia Antarklub 2006, di mana mereka takluk 2-0 dari juara Afrika Al Ahly dan 3-0 dari Jeonbuk Motors, wakil Asia.

Dominasi City diakhiri Waitakere United, yang menjadi kampiun di tahun 2007, 2008 dan 2009. Akan tetapi, City masih bisa memenangi Liga Champions Oseania 2009. Satu tiket ke Piala Dunia Antarklub. Mereka bisa menang atas Al Ahli dan TP Mazembe untuk mengakhiri turnamen di posisi kelima.

Lolosnya Auckland City tahun ini setelah berhasil mengalahkan Amicale, juara Vanuatu dengan skor agregate 6-1 di final Liga Champions Oseania di bulan April.
TAKTIK & GAYA BERMAIN
Ditangani pelatih asal Spanyol Ramon Tribulietx, Auckland City kental dengan aroma lati. Empat pemain dari Spanyol juga ditarik ke Auckland, ditambah satu pemain Brasil, Argentina dan Kosta Rika. Tribulietx, yang berasal dari Barcelona, mengandalkan permainan menyerang dan atraktif. Di Jepang, mereka harus bisa bermain tanpa kesalahan jika ingin meraih hasil yang lebih baik dibanding periode sebelumnya.
PEMAIN BINTANG | Manel Exposito
Pemain berusia 30 tahun itu bergabung awal tahun ini. Sebelumnya pemain asal Spanyol itu sempat membela Barcelona dan Atletico Madrid di kampung halamannya.

Exposito menjadi bintang dengan golnya di final Liga Champions Oseania. Uniknya, saat masih membela Barcelona, ia melakoni debut bersamaan dengan Lionel Messi menjalani laga pertamanya.
SIMBOL KLUB | Ivan Vicelich
Pemain berusia 35 tahun itu menjadi kapten tim sekaligus sebagai pemain paling berpengalaman di tim. Ia pernah delapan musim bermain di Eredivisie Belanda bersama Roda JC dan RKJ Waalwijk sebelum kembali ke kampung halamannya di tahun 2008. Vicelich meraih penghargaan pemain terbaik Oseania 2009 dan kemudian mengantar Selandia Baru menjadi tim yang tak terkalahkan di Piala Dunia 2010.
PEMAIN MUDA | Ian Hogg
Usianya baru 21 tahun, namun bakatnya diakui sebagai salah satu yang terbaik di Selandia Baru. Debutnya bersama Auckland dimulai pada 2006 dan sejak saat itu ia menjadi langganan tim nasional Selandia Baru, baik di level junior mau pun senior.
TIGA FAKTA UNIK

  • Maskot klub disebut Can Si Kiwi. Burung ini merupakan donasi dari keluarga dari anggota klub yang meninggal dunia, yang merupakan sebuah bentuk penghormatan kenangan anaknya. Pemain termuda dari tim ini bertugas untuk merawatnya dan apabila ada kesalahan, yang bersangkutan akan dikenai sanksi denda sebesar $2.
  • Daniel Koprivcic akan melakoni turnamen keempat di Piala Dunia Antarklub tahun ini. Catatan itu menjadi rekor tersendiri. Sebelumnya ia sempat membela Waitakere United di tahun 2007 dan 2008, juga bersama Auckland di tahun 2009.
  • Kiper Jacob Spoonley baru saja mendapat gelar sarjana hukum dan saat ini sedang bekerja di sebuah firma hukum.
KEMUNGKINAN SUSUNAN STARTING XI
Di turnamen ini, Auckland City kemungkinan tidak akan menerapkan permainan menyerang secara gamblang seperti saat tampil di kompetisi domestik. Pelatih Tribulietx mungkin akan berkompromi dengan menyeimbangkan sektor tengah dan belakang dengan mengandalkan serangan balik cepat.
Zambia

Spoonley
Pritchett, Hogg, Vicelich, Berlanga
Corrales, Mulligan, Andreu, Feneridis
Koprivcic
Exposito

Ditulis Oleh : News Online // 7:35 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment