Wednesday, December 28, 2011

SPESIAL Kaleidoskop La Liga Spanyol 2011



Waktu satu tahun di La Liga tersita perhatiannya kepada rivalitas Real Madrid dan Barcelona, dalam kalender satu tahun itu laga El Clasico hingga dimainkan sebanyak 7 kali.

Barcelona telah menjadi sangat dominan sejak Pep Guardiola menjadi pelatih pada 2008, dan kita semua tahu bagaimana mayoritas ending-nya, Barca masih lebih sering mendominasi memang...Selanjutnya mari kita simak cerita 12 bulan ke belakang di ranah Matador sebelumnya menatap tahun 2012 yang sudah menjelang.

Januari
Januari awal Barcelona memastikan akan menyabet trofi FIFA Ballon d'Or 2011 setelah tiga pemain mereka masuk nominasi tiga besar. Andres Iniesta, Lionel Messi dan Xavi Hernandez menjadi pemain yang dipastikan menjadi tiga teratas. Hanya selang beberapa pekan hal itu dianugerahkan kepada Lionel Messi.

Gelar yang akhirnya menjadi yang kedua secara beruntun bagi bocah Argentina itu, sementara FIFA Ballon d'Or kategori pelatih disabet Jose Mourinho milik Real Madrid itu maa jelas sudah dominasi La Liga di ajang ini. Meski begitu trofi milik Messi sempat dikritik beberapa kalangan, sebab Messi tahun sebelumnya flop di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan sementara Iniesta dan Xavi angkat trofi yang dulunya bernama Jules Rimet tersebut bersama timnas Spanyol.

Februari
Bulan kedua masehi yang identik dengan bulan kasih sayangnya karena hari Valentine-nya tersebut memunculkan kisah seru di ranah La Liga. Pasangan Barcelona dan Real madrid akhirnya dipastikan bertemu di Final Copa del Rey setelah di semi final kedua tim tersebut sanggup melaju dengan mudah melewati hadangan lawan-lawannya.

Real Madrid menyingkirkan Sevilla dengan agregat 3-0, sementara Barcelona unggul agregat 8-0 atas Almeria. Ending final sendiri akhirnya berakhir manis untuk Los Blancos 2 bulan kemudian. Mereka menang tipis 1-0 saja lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo di babak ekstra time sayangnya gelar itu menjadi satu-satunya bagi Madrid di tahun 2011 ini.

Maret
Bulan ketiga Spanyol sempat gempar, Barcelona tim yang diyakini sebagai yang terbaik saat ini diguncang isu doping. Salah satu stasiun Radio Cadena Cope menyebut bahwa rahasia kehebatan Dani Alves cs adalah karena mereka menggunakan obat-obatan terlarang di dunia olah raga.

Barca jelas mencak-mencak mendengar tuduhan serius tersebut hingga membuat mereka mengeluarkan statemen keras dalam laman mereka "Untuk merespon siaran dengan sindiran keras di stasiun radio Cadena Cope Minggu malam kemarin, FC Barcelona ingin mengungkapkan secara terbuka kemarahan total atas tudingan tak berdasar yang mengaitkan klub dengan praktek doping, dan untuk mengutuk tingkah laku seperti itu yang tak berhubungan dengan fair play serta merusak citra kompetisi yang sehat."

"FC Barcelona menuntut pembetulan dengan segera dan kami ingin menunjukkan jika divisi legal tengah mempelajari tindakan hukum yang memungkinkan untuk mempertahankan kehormatan klub, bersama dengan staf pelatih, para pemain serta staf medis, dan bersiap untuk menempuh langkah itu kepada konsekuensi final."

April
April menjadi bulannya El Clasico, Tak hanya sekali, namun ada 4 laga El Clasico hanya dalam selang waktu 18 hari dipanggungkan saat itu. Dan laga El Clasico jilid pertama ini akan digelar di Santiago Bernabeu yang menjadi kandang Los Blancos. Barcelona dan Real akan saling baku hantam dalam lanjutan kompetisi La Liga terlebih dahulu hasilnya seri di Bernabeu.

Dilanjutkan dengan final Copa Del Rey yang juga mempertemukan kedua tim Madrid ganti menang 1-0, Satu kejadian unik lain juga tercipta beberapa jam setelah final Copa del Rey, satu-satunya Trofi Los Blancos itu rusak berat akibat diplindas Bus saat arak-arakan, trofi dijatuhkan oleh Sergio Ramos yang ceroboh mengangkat Piala.

Terakhir kedua bebuyutan itu bertemu dalam dua laga semifinal Liga Champions dan mengeluarkan pihak Barca yang akhirnya lolos ke babak puncak menantang Manchester United, Mourinho mencak-mencak akan hasil itu, dan menyebut Barca dibantu UEFA karena kedekatan mereka dengan Unicef.

Mei
Panen Gelar bagi Barcelona adalah hal besar yang terjadi di bulan kelima kalender masehi ini. Mereka sukses mempertahankan mahkota La Liga setelah mengumpulkan 96 poin unggul 4 poin dari Madrid di posisi kedua, gelar Liga ini juga menjadi gelar ketiga mereka beruntun sejak musim 2008-2009.

Hanya beberapa pekan berselang, Barcelona mengawinkan mahkota Spanyol mereka dengan gelar terbaik di Benua Biru Eropa setelah di Liga Champions mereka menang telak 3-1 atas Manchester United wakil Inggris, saat itu Final digelar di Wembley London.

Juni
Kompetisi La Liga memasuki jeda libur, namun negara Spanyol tetap menorehkan prestasi emas setelah timnas U-21 mereka menjuarai turnamen Euro U-21 di Denmark.

Spanyol meraih gelar juara Piala Eropa U-21 setelah pada final mengalahkan Swiss dengan skor 2-0 di Aarhus Stadion, Minggu 26 Juni berkat gol Ander Herrera dan Thiago Alcantara. Prestasi Matador muda mengimbangi prestasi matador senior yang setahun sebelumnya menyabet Piala Dunia di Afrike Selatan.

Satu lagi hal yang patut dikenang adalah, Barcelona menutup bangunan lama akademi La Masia mereka. Asrama legendaris itu akhirnya digantikan oleh La Masia yang baru yang terletak di Ciutat Esportiva Joan Gamper.

Juli
Musim baru mulai memasuki fase persiapan penunjukan pelatih baru dilakukan oleh beberapa klub di Spanyol, selain itu Altas Bajas (bursa jual beli pemain) resmi dibuka. Beberapa nama baru berdatangan ke La Liga Spanyol, sebut saja Nuri Sahin, Hamit Altintop, Coentrao, Varane, dan Alexis Sanchez.

Namun beberapa nama besar juga ada yang pergi untuk hijrah ke kompetisi lain, Sergio Aguero dan David de Gea menuju kota Manchester di Liga Inggris, sementara Bojan Krkic memilih Serie A bersama AS Roma.

Agustus
Pemogokan para pemain yang diprakarsai Asosiasi Pesepak Bola Spanyol membuat start La liga yang dijadwalkan kick off di bulan ini musti tertunda selama satu pekan. Selain itu tanggal 1 Agustus juga menjadi pemastian penutupan bursa jual beli pemain musim panas.

Seperti tradisi yang sudah ada rush nama besar terjadi menjelang deadline alias hari akhir. Radamel Falcao gabung Atletico dari Porto, Cesc Fabregas akhirnya pulang ke rumahnya (Barca) setelah sempat malang melintang di Arsenal, sementara pertama Valencia, Juan Mata pergi dibeli Chelsea.

September
Levante memberikan kejutan yang tak terkira di La Liga, hingga jornada kesembilan, Levante nangkring di puncak klasemen La Liga dengan rekor tak pernah kalah. Skuad yang dilatih Juan Ignacio Martinez ini unggul satu poin dari Real Madrid dan dua poin dari juara bertahan, Barcelona.

Perlu dicatat pula satu-satunya kekalahan Real Madrid awal musim ini dialami dari Levante, 19 September lalu di Estadio Ciudad de Valencia, Klub berjuluk si kodok itu sempat membuat 10 pemain Real Madrid tertunduk lesu kala itu.

Oktober
Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mengumumkan bahwa pelatih Jose Mourinho dijatuhi denda sebesar 600 Euro dan sanksi dua laga gara-gara insiden pencolokan mata asisten Barcelona, Tito Vilanova yang ia lakukan.

Insiden panas itu sendiri terjadi menit-menit akhir di Piala Super Spanyol leg kedua sebagai pembuka tirai kompetisi bulan Agustus, saat itu Barcelona yang angkat trofi setelah menang agregat 5-4.

November
Cristiano Ronaldo akhirnya resmi mendapatkan trofi sepatu emas Eropa sebagai hadiah dari prestasinya musim lalu, tentu saja itu semua berkat 40 golnya itu.

Musim lalu pria asal Portugal itu mencatatkan rekor baru di La Liga, angka 40 gol yang ia bukukan bersama Real Madrid menjadikan dirinya sebagai pemilik rekor tertinggi El Pichichi sepanjang masa.

Catatan itu tidak hanya menjadikan dirinya sebagai pencetak gol di Liga domestik Spanyol, namun juga menjadi angka tertinggi dari seluruh Liga yang ada di ranah Eropa.

Akhir bulan November menjadi November Kelabu bagi Barcelona, setelah sempat kokoh tak tersentuh kekalahan, akhirnya Barcelona dipaksa merasakan kekalahan pertama juga oleh klub semenjana Getafe, gol tunggal Juan Valera menodai catatan bersih mereka.

Desember
Pada 10 Desember 2011, tim Catalan Barcelona memperlihatkan penampilan gemilang untuk bangkit dari ketertinggalan dan mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 di Santiago Bernabeu.

Kemenangan tersebut tidak cukup bagi mereka untuk mengakhiri 2011 dengan memuncaki klasemen Liga Spanyol, sebab Real berada di sana dengan keunggulan tiga poin, tetapi sang juara bertahan membuktikan kalau mereka masih merupakan tim yang dapat mengalahkan Los Blancos.

Barcelona juga merengkuh trofi Piala Dunia Antar Klub FIFA 2011 sebagai penegasan diri bahwa merekalah saat ini klub terbaik di dunia, setelah di Final mereka seolah sedang mengajari Santos sepak bola yang sesungguhnya setelah menang 4 gol tanpa balas.
Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 3:13 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment