Sunday, January 1, 2012

SPESIAL: Tim Terbaik Asia 2011 Versi GOAL.com

Tim Terbaik Asia 2011

Formasi: 4-4-2

Kiper - Ali Al Habsi

Wigan Athletic dan Oman

Wigan secara mengejutkan lolos dari jeratan degradasi musim lalu dan jika ada pemain yang harus dipuji, dia adalah Ali Al-Habsi. Kiper asal Oman yang dipinjam dari Bolton tersebut bermain sangat baik, dan hal tersebut membuatnya terpilih menjadi pemain terbaik Wigan tahun 2011.

Al-Habsi secara resmi bergabung dengan Wigan musim panas silam dan dia melanjutkan penampilannya yang menawan. Posisinya di skuad Wigan saat ini semakin diakui baik oleh fans maupun rekan setimnya.

Bek Kanan - Makoto Hasebe

VfL Wolfsburg dan Jepang

Kapten timnas Jepang ini berhasil mengantarkan negaranya memenangkan Piala Asia 2011 di Doha, Qatar. Gelar tersebut merupakan gelar ke-empat yang diraih oleh Jepang.

Hasebe juga mencatatan rekor positif di klubnya, VfL Wolfsburg. Ia mencatatkan penampilannya yang ke-100 di Bundesliga Jerman bersama Wolfsburg saat menghadapi Mainz awal Desember.

Bek Tengah - Lee Jung-Soo

Al Sadd dan Korea Selatan


Sepanjang tahun 2011, Lee Jung-Soo mampu menunjukkan bahwa dirinya adalah pemain sentral di lini pertahanan Al Sadd. Dia memberi kontribusi besar saat Al-Sadd meraih gelar juara Liga Champions Asia, dia juga bermain impresif saat memperkuat timnas Korea Selatan.

Lee juga turut berpartisipasi ketika Al Sadd menduduki peringkat ketiga di Piala Dunia Antarklub.

Bek Tengah - Li Weifeng

Tianjin Teda dan Cina

Setelah meninggalkan Suwon Samsung (K-League) untuk bergabung dengan Tianjin Teda pada bulan Januari kemarin, Li Weifeng langsung menjadi pemain andalan klub Cina tersebut.

Bek veteran tersebut berubah menjadi salah satu pemain yang paling penting di Tianjin, dia juga membantu Tianjin memenangkan Piala FA Cina.
Berkat prestasinya tersebut, Weifeng kembali mendapatkan tempat di timnas setelah Jose Antonio Camacho ditunjuk menjadi pelatih dan kemudian dia menjadi pemain reguler timnas sejak saat ini.

Bek Kiri - Yuto Nagatomo

Inter Milan dan Jepang
Yuto Nagatomo sudah dinilai sebagai salah satu bek terbaik di Asia, pemain asal Jepang tersebut memberi kontribusi yang besar untuk Inter Milan pada tahun ini.

Nagatomo memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Ia menjadi salah satu pemain kunci timnas Jepang saat meraih gelar juara Piala Asia pada bulan Januari, dan berkat penampilannya di ajang tersebut, Inter akhirnya merekrut Nagatomo dengan status pinjaman.


Gelandang Kanan - Park Ji-Sung

Manchester United dan Korea Selatan
Park Ji-Sung menjadi figur penting saat Manchester United memecah rekor dengan meraih gelar juara Liga Inggris ke-20 musim lalu. Ia juga turut bermain saat United takluk dari Barcelona di final Liga Champions.

Park juga sangat berjasa mengantarkan Korea Selatan menempati peringkat ketiga di Piala Asia, sebelum akhirnya dia mengumumkan pensiun dari timnas.

Gelandang Tengah - Mojtaba Jabbari

Esteghlal dan Iran


Tahun 2011 adalah tahun terbaik Mojtaba Jabbari sepanjang karirnya sejauh ini. Ia menjadi pemain kunci Esteghlal dalam merebut posisi runner-up di liga Iran.

Pemain yang sering disebut sebagai Zidane-nya Iran tersebut juga akan selalu diingat melalui golnya di derby Teheran menghadapi Persepolis bulan September silam, di mana dia terpilih menjadi Man of the Match.

Gelandang Tengah - Server Djeparov

FC Seoul/Al Shabab dan Uzbekistan

Gelandang yang kerap mencetak gol ini bersinar baik di level klub maupun di level timnas pada tahun 2011. Ia menjadi pemain kunci Uzbekistan di Piala Asia, di mana mereka berhasil menembus babak semi-final.

Dia juga membantu FC Seoul menjadi juara K-League (liga Korea) pada tahun 2010 sebelum akhirnya bergabung dengan Al Shabab pada bulan Juli kemarin.Dan melengkapi tahun emasnya, Djeparov terpilih menjadi pemain Asia terbaik tahun 2011.

Gelandang Kiri - Matt McKay

Brisbane Roars/Glasgow Rangers dan Australia
Gelandang tangguh asal Australia ini menampilkan performa konsisten sepanjang tahun 2011, di mana dia berhasil menjadi pemain reguler di timnas.

McKay berhasil mengantar Brisbane Roars menjuarai A-League (Liga Australia) dengan status kapten tim, sebelum akhirnya dia hengkang ke Glasgow Rangers..

Striker - Lee Dong-Gook

Jeonbuk Motors dan Korea Selatan
Lee Dong-Gook merespon kritikan yang ditujukan pada dirinya dengan performa luar biasa di tahun 2011. Ia sangat berjasa mengantarkan Jeonbuk Motors menjuarai K-League (Liga Korea) dengan 16 gol dan 15 assist-nya.

Mantan pemain Middlesbrough tersebut juga memainkan peran kunci saat Jeonbuk berhasil melaju ke final Liga Champions Asia, tetapi penampilannya terhambat karena cedera dan timnya kalah dalam drama adu penalti. Performa Lee di tahun 2011 juga membuatnya kembali dipanggil ke timnas.

Striker - Joshua Kennedy

Nagoya Grampus dan Australia

Joshua Kennedy terus menunjukkan kredibilitasnya bersama Nagoya Grampus di J-League (Liga Jepang) musim ini. Ia berhasil mencetak 19 gol dan berhak menyandang gelar top skor kedua kalinya secara berturut-turut.

 Mantan pemain Wolfsburg tersebut menyempurnakan catatan impresifnya di level klub dengan mencetak delapan gol untuk timnas Australia sepanjang tahun 2011.

Cadangan
Kiper Bek Gelandang Gelandang

Mark Schwarzer (AUS)

Hadi Aghily (IRN)

Ahmad Bustomi (IDN)

Shinji Kagawa (JPN)
Striker Striker Striker

Safee Sali (MAS)
Park Chu-Young (KOR)
Mi
ke Havenaar (JPN)

Ditulis Oleh : News Online // 12:49 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment