Wednesday, January 4, 2012

Xavi: Dalam Sepak Bola, Talenta Lebih Penting dari Fisik

Foto: Xavi Hernandez/Getty Images
Gelandang kawakan Barcelona Xavi Hernandez memberikan pandangannya terkait perkembangan sepak bola modern. Menurutnya, ada beberapa faktor yang bisa menjadikan seorang pemain sukses di era sepak bola modern.

Sepak bola terus mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Memasuki era modern, sepak bola kini tak hanya mengandalkan talenta seorang pemain, namun juga menuntut sang pemain memilik fisik yang mumpuni. Banyak kalangan berpendapat, seorang pemain harus punya fisik yang ideal untuk bisa jadi pemain hebat.

Namun, Xavi nampaknya tidak setuju dengan opini tersebut. Gelandang andalan Timnas Spanyol ini menilai kondisi fisik tidak terlalu berperan penting dalam sepak bola. Xavi meyakini, talenta seorang pemain masih menjadi hal yang paling penting dalam sepak bola. Tak jauh-jauh, gelandang 31 tahun ini memberikan contoh dirinya sendiri.

“Talenta merupakan hal yang paling menentukan dalam sepak bola, melebihi faktor fisik. Saya yakinkan, bahwa kualitas teknik-lah yang membuat perbedaan,” tutur Xavi sebagaimana dikutip Sport, Rabu (4/1/2012).

“Kembali ke musim 2002-2003, orang-orang sempat mengatakan saya tidak cocok bermain di tengah karena membutuhkan fisik yang tangguh. Tapi, saya berhasil menunjukkan kepada Anda bahwa saya tidak butuh fisik sempurna untuk jadi gelandang papan atas,” pungkasnya.

Xavi diketahui merupakan salah satu dari sekian banyak pesepak bola yang tidak punya fisik mumpuni. Xavi diketahui hanya berpostur 170cm, namun Xavi tetap mampu menampilkan performa ciamik. Bahkan, dia tercatat sebagai salah satu pemain terbaik dunia dan saat ini tengah bersaing dengan Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya Lionel Messi untuk memperebutkan trofi Ballon d’Or.
Sumber

Ditulis Oleh : News Online // 7:25 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment